Apple Watch Harus Di-charge Setiap Hari?

Kompas.com - 23/01/2015, 15:51 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sebelum benar-benar dilepas ke pasar, Apple dikabarkan terus mengerjakan optimalisasi software agar bisa membuat jam tangan pintar terbaru mereka, Apple Watch, dapat beroperasi selama mungkin.

Apple disebut sedang mengusahakan agar Watch bisa bekerja selama 19 jam untuk penggunaan aktif dan pasif dalam satu kali pengisian daya. Artinya, Apple cukup puas jam tangan pintar buatannya bisa bertahan kurang dari sehari dan harus di-charge setiap hari.

Akan tetapi, menurut laporan dari seorang sumber kepada situs 9to5 Mac, setelah berbagai upaya, baterai yang ada di Apple Watch tampaknya tidak akan lebih baik dari smartwatch yang beredar belakangan ini.

Sekadar informasi, daya tahan baterai jam tangan pintar yang beredar belakangan ini adalah sekitar satu hari saja. Biasanya, sebelum mencapai 24 jam, pengguna sudah harus mengisi ulang daya baterai jam tangan pintarnya.

Menurut sang sumber tersebut, Apple sedang berusaha agar daya tahan baterai Apple Watch dapat selama 2,5 jam menjalankan  aplikasi "berat", seperti game. Sementara, untuk aplikasi standar, Apple menargetkan jam tangan pintar generasi pertamanya untuk dapat hidup selama 3,5 jam dan 4 jam untuk aplikasi fitness.

Seperti KompasTekno kutip dari PhoneArena, Jumat (23/1/2015), produk tersebut dapat hidup selama 3 jam, apabila secara terus menerus menampilkan antarmuka jam tangan. Antarmuka tersebut cukup menghabiskan daya baterai karena berupa animasi. Untungnya, layar tersebut bisa dimatikan saat tidak dibutuhkan untuk menghemat baterai.

Penyebab borosnya Apple Watch

Borosnya daya baterai Watch disebabkan spesifikasi perangkat yang cukup tinggi. Apple Watch dikatakan menggunakan prosesor bernama S1. Prosesor tersebut memiliki kemampuan nyaris setara dengan prosesor A5 yang dipersenjatai di perangkat iPod Touch generasi terbaru.

Selain itu, Apple Watch menggunakan layar "Retina" yang mampu menjalankan animasi hingga 60 frame per detik. Untuk sistem operasinya sendiri, perangkat ini disebut-sebut menggunakan iOS versi downgrade yang memiliki nama kode SkiHill.

Apple Watch sendiri diperkenalkan bersamaan dengan seri iPhone 6 pada September 2014 lalu pada sebuah acara.

Apple Watch bakal tersedia dalam dua ukuran utama. Namun, ukuran ini bisa divariasikan dengan berbagai jenis casing dan sabuk, mulai dari sabuk bahan logam hingga karet.

Apple Watch dibanderol dengan harga mulai dari 350 dollar AS atau sekitar Rp 4,3 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.