Kompas.com - 23/01/2015, 19:55 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Bagi pengguna gadget mobile yang ingin selalu terhubung dengan WhatsApp saat bepergian ke berbagai negara, kini ada solusi cerdas tanpa harus berganti kartu SIM.

Sebuah perusahaan rintisan asal Italia membuat kartu SIM khusus yang diberi nama WhatSim. Kartu tersebut diklaim bisa digunakan di 150 negara dan bisa terhubung dengan lebih dari 400 operator seluler.

Menurut situs resmi WhatSim, Indonesia juga menjadi wilayah yang bisa dilayani oleh kartu SIM pintar ini.

Kartu WhatSim memungkinkan pengguna WhatsApp terhubung dimana saja dengan membayar biaya langganan sebesar 15,5 dollar AS (sekitar Rp 200.000) per tahun.

Dengan demikian, pengguna WhatSim tidak perlu repot-repot mengganti kartu SIM, mencari Wi-Fi, atau mengaktifkan paket roaming yang mahal saat bepergian ke luar negeri.

Namun, kartu SIM tersebut tidak bisa digunakan untuk menelepon atau berkirim SMS. WhatSim juga akan menarik biaya tambahan jika pengguna ingin mengirim foto, video, atau berbagi lokasi dan kontak.

Kartu WhatSim bisa dibeli melalui situs resmi mereka di URL www.whatsim.com/en.

WhatSim mengklaim kartu SIM mereka bisa dipasang di semua jenis ponsel unlocked dan hadir dalam berbagai ukuran, seperti nano, micro, dan ukuran kartu SIM standar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.