Gaji CEO Apple Naik, Rp 9,5 Miliar per Bulan

Kompas.com - 25/01/2015, 11:38 WIB
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Kesuksesan Apple pada tahun lalu mendongkrak pendapatan Tim Cook sebagai orang nomor satu di perusahaan pembuat iPhone tersebut.

Gaji CEO Apple, Tim Cook, pada tahun 2014 dilaporkan naik sebesar 43 persen menjadi 9,2 juta dollar (sekitar Rp 115 miliar) per tahun. Jika dihitung bulanan, Cook menerima gaji sebesar Rp 9,5 miliar setiap bulannya.

Dikutip KompasTekno dari CNN, Minggu (25/1/2015), perincian gaji Cook mencakupi 1,7 juta dollar AS untuk gaji pokok, bonus sebesar 6,7 juta dollar AS, 700.000 dollar AS untuk tunjangan keamanan, dan 56.923 dollar untuk bonus tidak mengambil jatah cuti tahunan.

Kenaikan gaji Cook adalah yang pertama kali sejak November 2011. Ia menduduki pucuk pimpinan tertinggi di perusahaan itu pada Agustus 2011.

Menurut BBC, gaji pokok eksekutif-eksekutif Apple lain juga naik lebih dari 14 persen menjadi 1 juta dollar AS, kata Apple dalam laporan tahunan mereka. Bonus tim eksekutif juga naik menjadi maksimal 400 persen dari gaji mereka.

Saham Apple yang terdaftar di bursa New York menembus rekor harga penjualan tertinggi tahun lalu, sedangkan angka penjualan iPhone mencapai 40 juta unit.

Pada bulan November, nilai Apple ditaksir lebih dari 700 miliar dollar AS setelah sahamnya menembus plafon harga tertinggi yaitu 119,75 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.