Samsung Bikin "Gadget" Pendeteksi Stroke

Kompas.com - 26/01/2015, 10:22 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi

KOMPAS.com — Kemajuan teknologi wearable gadget turut memberi manfaat di bidang medis.
Lebih dari sekadar memantau jumlah langkah atau denyut nadi, gadget masa depan yang dikenakan di tubuh boleh jadi bakal mampu mendeteksi penyakit sebelum terjadi.

Itulah yang sedang diusahakan oleh Samsung dalam proyek Paket Sensor dan Algoritma untuk Pendeteksian Awal (EDSAP), sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari laporan Cnet, Senin (26/1/2015).

Melalui program ini, raksasa Korea Selatan tersebut mengembangkan perangkat serupa headset yang bisa mencium gejala stroke dan memperingatkan penggunanya lewat smartphone.

Stroke adalah pecahnya pembuluh darah di dalam otak karena penyumbatan atau sebab lain. Kalau tidak ditangani dengan cepat dan tepat, korban serangan stroke bisa menderita kelumpuhan atau bahkan meninggal.

Perangkat EDSAP yang masih berbentuk purwarupa dikenakan di kepala dan mendeteksi stroke dengan membaca sinyal-sinyal impuls listrik otak.

Rencananya alat ini akan diperkecil dan diintegrasikan di aksesori lain yang lebih umum, seperti kacamata, sehingga lebih praktis untuk dikenakan.

Selain gejala stroke, EDSAP juga bisa menganalisis pola stres dan pola tidur, juga elektrokardiogram alias denyut nadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proyek EDSAP sudah dimulai sejak dua tahun lalu, tetapi agaknya masih butuh waktu lama sebelum manfaat perangkatnya bisa dinikmati oleh publik karena masih banyak uji klinis yang mesti dilalui.

Untuk saat ini, setidaknya ia bisa memberi gambaran mengenai teknologi gadget masa depan yang semakin terintegrasi dengan kehidupan manusia.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X