Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Bikin "Gadget" Pendeteksi Stroke

Kompas.com - 26/01/2015, 10:22 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
Ilustrasi

KOMPAS.com — Kemajuan teknologi wearable gadget turut memberi manfaat di bidang medis.
Lebih dari sekadar memantau jumlah langkah atau denyut nadi, gadget masa depan yang dikenakan di tubuh boleh jadi bakal mampu mendeteksi penyakit sebelum terjadi.

Itulah yang sedang diusahakan oleh Samsung dalam proyek Paket Sensor dan Algoritma untuk Pendeteksian Awal (EDSAP), sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari laporan Cnet, Senin (26/1/2015).

Melalui program ini, raksasa Korea Selatan tersebut mengembangkan perangkat serupa headset yang bisa mencium gejala stroke dan memperingatkan penggunanya lewat smartphone.

Stroke adalah pecahnya pembuluh darah di dalam otak karena penyumbatan atau sebab lain. Kalau tidak ditangani dengan cepat dan tepat, korban serangan stroke bisa menderita kelumpuhan atau bahkan meninggal.

Perangkat EDSAP yang masih berbentuk purwarupa dikenakan di kepala dan mendeteksi stroke dengan membaca sinyal-sinyal impuls listrik otak.

Rencananya alat ini akan diperkecil dan diintegrasikan di aksesori lain yang lebih umum, seperti kacamata, sehingga lebih praktis untuk dikenakan.

Selain gejala stroke, EDSAP juga bisa menganalisis pola stres dan pola tidur, juga elektrokardiogram alias denyut nadi.

Proyek EDSAP sudah dimulai sejak dua tahun lalu, tetapi agaknya masih butuh waktu lama sebelum manfaat perangkatnya bisa dinikmati oleh publik karena masih banyak uji klinis yang mesti dilalui.

Untuk saat ini, setidaknya ia bisa memberi gambaran mengenai teknologi gadget masa depan yang semakin terintegrasi dengan kehidupan manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com