Kompas.com - 26/01/2015, 11:00 WIB
Ilustrasi Qualcomm Snapdragon QualcommIlustrasi Qualcomm Snapdragon
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Samsung berencana untuk menanggalkan prosesor Snapdragon 810 dalam perangkat unggulannya, Galaxy S6. Mengantisipasi hal tersebut, Qualcomm selaku produsen chipset Snapdragon berencana membuat chip khusus untuk Samsung.

Informasi yang diperoleh dari sumber anonim, mengungkapkan bahwa chip Snapdragon 810 yang diuji pakai oleh Samsung ternyata mengalami panas berlebih (overheat). Mereka pun memutuskan menggunakan chipset mereka sendiri, Exynos.

Karena itu, menurut sumber dalam Qualcomm kepada GSM Arena, Sabtu (24/1/2015), Qualcomm mengembangkan versi update chipset-nya agar dipakai oleh Samsung.

Menurut sumber yang tidak mau disebut namanya itu, chipset Snapdragon 810 modifikasi tersebut akan tersedia untuk Samsung pada bulan Maret mendatang.

Hal tersebut memunculkan pertanyaaan apakah Qualcomm bisa mengejar tenggat waktu peluncuran Galaxy S6 atau tidak.

Prosesor Snapdragon buatan Qualcomm telah lama mendominasi pasar smartphone. Bahkan, mereka disebut-sebut sebagai salah satu yang mendapat keuntungan paling banyak seiring naiknya jumlah pengguna smartphone.

Prosesor Qualcomm juga dipakai smartphone-smartphone kelas atas, seperti LG G Flex 2 dan Xiaomi Mi Note Pro. Belum jelas apakah update tersebut hanya ditujukan bagi Samsung atau juga vendor-vendor lain.

Samsung sendiri merupakan pelanggan terbesar kedua bagi perusahaan yang bermarkas di San Diego itu. Dari seluruh penjualan yang dilakukan Qualcomm, 12 persennya berasal dari Samsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.