Kompas.com - 26/01/2015, 12:02 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Situs milik maskapai nasional Malaysia, Malaysian Airlines dijahili oleh kelompok yang menamakan dirinya Lizard Squad.

Menurut pantauan KompasTekno, situs Malaysia Airlines sempat diretas pada Senin (26/1/2015) pagi. Halaman depan situs dipasangi gambar pesawat Airbus A380 dengan tulisan "404 Plane Not Found."

Aksi peretasan tersebut sempat dikeluhkan oleh beberapa pengunjung web Malaysia Airlines di jejaring sosial, sebab mereka tidak bisa mengecek harga tiket atau melakukan pemesanan tiket.

Pihak Malaysia Airlines sempat memperbaiki halaman utama mereka. Namun pada siang hari, situs tersebut diubah tampilannya.

Kali ini, peretas mengubah halaman utama, www.malaysiaairlines.com dengan foto kadal bertopi dan jas, menggunakan latar belakang warna hitam, tetap dengan tulisan "404 - Plane Not Found" warna merah. Kelompok peretas itu juga menyertakan akun Twitter milik mereka di halaman utama situs Malaysia Airlines.

Melalui tulisan tersebut, kelompok peretas yang menamakan dirinya Lizard Squad seolah menyampaikan pesan kepada maskapai Malaysia Airlines tentang kasus MH370.

MH370 adalah penerbangan Malaysia Airlines rute Kuala Lumpur - Beijing yang hilang sejak 8 Maret 2014. Hingga kini, nasib pesawat beserta 239 penumpang dan kru-nya masih belum diketahui.

Lizard Squad sendiri adalah kelompok peretas yang cukup terkenal. Mereka jugalah dalang dibalik peretasan jaringan PlayStation dan Xbox Live yang terjadi pada Desember 2014 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.