Kompas.com - 26/01/2015, 13:03 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Akhir tahun lalu, CEO Cyanogen Kirt McMaster, melanturkan pernyataan kontroversial. Bos perusahaan pembuat custom ROM Android menyebut Google sebagai tirani bagi Android. Ia juga mengatakan bahwa Samsung tak akan mampu membangun sistem operasi sendiri.

Yang terbaru, McMaster memaparkan visi masa depan Cyanogen OS untuk lepas dari segala yang berkaitan dengan Google. Selain itu, ia akan membantu melepaskan ketergantungan Android terhadap perusahaan mesin pencari tersebut.

Dikutip KompasTekno (26/1/2015) dari AndroidAuthority, McMaster mengakui bahwa Cyanogen OS saat ini masih membutuhkan Google untuk layanan-layanan, seperti Play Store, Gmail, dan Maps. Namun, Cyanogen mengklaim akan segera mengatasi masalah tersebut.

Perusahaan ini akan bekerjasama dengan beberapa pihak untuk membuat toko aplikasi sendiri dalam 18 bulan ke depan.

"Kita sedang membuat versi Android yang lebih terbuka. Hal ini akan dimungkinkan dengan kerjasama beberapa startup. Kita tak akan lagi meluncurkan aplikasi-aplikasi kecil yang ujung-ujungnya akan diakuisisi Google atau Apple," McMaster menjelaskan.

McMaster mengakui bahwa untuk mengimplementasikan wacananya, dibutuhkan kerja keras yang lebih. Ia menyadari ke depannya akan banyak mengalami rintangan.

Namun, McMaster meyakini dalam waktu tiga hingga lima tahun ke depan, tak akan lagi ada ketergantungan Cyanogen dan Android terhadap Google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.