Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Lite Cocok untuk Android "Low-end"

Kompas.com - 26/01/2015, 19:35 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Jejaring sosial Facebook membuat versi "ringan" dari aplikasi mobile-nya, yang disebut dengan Facebook Lite. Aplikasi tersebut ditujukan untuk perangkat Android dengan spesifikasi rendah (low-end).

Dikutip KompasTekno dari Techcrunch, Minggu (25/1/2015), Facebook Lite merupakan versi penyederhanaan dari situs mobile Facebook yang pernah digunakan pada tahun 2009-2010 lalu.

Namun Facebook menambahkan beberapa fungsi modern, seperti push notification serta integrasi aplikasi dengan kamera di ponsel agar pengalaman yang didapat pengguna menyerupai aplikasi Facebook di smartphone premium.

Ukuran aplikasi ini tergolong kecil, sekitar 252 KB saja. Hal itu dirancang agar Facebook bisa dipakai oleh perangkat Android kelas low-end yang memiliki kapasitas penyimpanan terbatas, serta koneksi internet 2G atau yang lebih rendah.

Strategi Facebook tersebut digunakan untuk memperluas pasarnya di negara-negara berkembang, bersamaan dengan semakin banyaknya perangkat Android murah yang merambah negara-negara berkembang, seperti proyek Android One yang dibesut Google.

Smartphone Android One itu saat ini telah diluncurkan di India, menyusul kemudian di Indonesia dan negara-negara Asia Pasifik lainnya.

Selain India, negara-negara di Asia Tenggara dan Afrika juga diprediksi akan memiliki penjualan smartphone Android murah yang tinggi. Di negara-negara tersebut, smartphone akan menjadi platform internet primer yang digunakan oleh jutaan orang.

Aplikasi Facebook Lite saat ini sudah bisa diunduh di toko aplikasi Android, Play Store melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.