Kesal, Seniman Buat Karikatur Zuckerberg dari Kotorannya

Kompas.com - 27/01/2015, 09:12 WIB
The Pooptrait, potret Mark Zuckerberg dari kotoran manusia, karya KATSU MashableThe Pooptrait, potret Mark Zuckerberg dari kotoran manusia, karya KATSU
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Melalui karya seni, siapa saja bebas berekspresi. Begitu pula yang dilakukan seniman 'vandal' yang terkenal dengan nama Katsu.

Seniman asal Brooklyn, AS tersebut membuat potret CEO Facebook Mark Zuckerberg dari kotorannya sendiri. Hal ini untuk menunjukkan ketidaksukaan Katsu terhadap Zuckerberg.

"Mark adalah Mark. Seseorang dengan aspirasi jahat yang diidolakan banyak orang. Dia pantas ditertawakan," KATSU menjelaskan ihwal karyanya, sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (27/1/2015) dari Mashable.

Karya yang diberi nama "The Pooptrait" itu kini terpatri di galeri The Hole di New York, sebagai salah satu karya pameran tunggal Katsu yang bertajuk "Remember the Future". Hingga saat ini pihak galeri belum berkomentar terkait karya kontroversial itu.

"The Pooptrait" bukan karya pertama Katsu yang menunjukkan kekesalannya pada Zuckerberg. Pada April 2013, Katsu pernah memajang gambar Zuckerberg dengan mata hitam. Gambar itu terpampang di salah satu sudut kota New York.

Kemarahan Katsu, kata dia, karena menganggap Facebook tak becus dalam menangani data pengguna.

Perlu diketahui, Katsu adalah seniman produktif yang juga dikenal sebagai peretas. Ia menggunakan simbol tengkorak untuk menggambarkan dirinya. Kiprahnya muncul pada akhir 1990-an lewat karya-karya kontroversialnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.