Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesal, Seniman Buat Karikatur Zuckerberg dari Kotorannya

Kompas.com - 27/01/2015, 09:12 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Mashable
KOMPAS.com - Melalui karya seni, siapa saja bebas berekspresi. Begitu pula yang dilakukan seniman 'vandal' yang terkenal dengan nama Katsu.

Seniman asal Brooklyn, AS tersebut membuat potret CEO Facebook Mark Zuckerberg dari kotorannya sendiri. Hal ini untuk menunjukkan ketidaksukaan Katsu terhadap Zuckerberg.

"Mark adalah Mark. Seseorang dengan aspirasi jahat yang diidolakan banyak orang. Dia pantas ditertawakan," KATSU menjelaskan ihwal karyanya, sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (27/1/2015) dari Mashable.

Karya yang diberi nama "The Pooptrait" itu kini terpatri di galeri The Hole di New York, sebagai salah satu karya pameran tunggal Katsu yang bertajuk "Remember the Future". Hingga saat ini pihak galeri belum berkomentar terkait karya kontroversial itu.

"The Pooptrait" bukan karya pertama Katsu yang menunjukkan kekesalannya pada Zuckerberg. Pada April 2013, Katsu pernah memajang gambar Zuckerberg dengan mata hitam. Gambar itu terpampang di salah satu sudut kota New York.

Kemarahan Katsu, kata dia, karena menganggap Facebook tak becus dalam menangani data pengguna.

Perlu diketahui, Katsu adalah seniman produktif yang juga dikenal sebagai peretas. Ia menggunakan simbol tengkorak untuk menggambarkan dirinya. Kiprahnya muncul pada akhir 1990-an lewat karya-karya kontroversialnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com