Fitur Baru Twitter, Group "DM" dan Video 30 Detik

Kompas.com - 28/01/2015, 10:18 WIB
Ilustrasi Telegraph.co.ukIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi

KOMPAS.com - Twitter meluncurkan dua fitur baru untuk memperkaya fungsi layanannya pada Rabu (28/1/2015). Dua fitur tersebut adalah Group Direct Message dan Native Video Sharing.

Group Direct Message (DM) memungkinkan pengguna layanan microblogging tersebut kini bisa memulai percakapan dengan banyak follower sekaligus dan mengirim pesan secara simultan ke semuanya.

Twitter FItur Group Direct Message di Twitter


Para follower yang dimaksud akan kemudian akan menerima DM yang dikirimkan pengguna, meskipun antar-mereka sendiri tidak saling mengikuti.

Sebelumnya, fitur pesan pribadi di Twitter selama ini hanya bisa ditujukan ke satu pengguna lain dalam satu waktu.

Informasi yang dilansir Kompas Tekno dari Mashable, menyebutkan bahwa langkah Twitter menyediakan fasilitas Group Direct Message kemungkinan dipicu oleh semakin populernya layanan instant messaging, seperti WhatsApp dan Line.

Fitur lain baru lainnya yaitu native video sharing yang memungkinkan pengguna untuk merekam video dan membagikannya, langsung dari dalam aplikasi Twitter.

Twitter Fitur Native Video Sharing di Twitter bisa diakses dengan tombol kamera dari dalam aplikasi

Durasi video yang bisa direkam dengan fitur ini mencapai 30 detik, jauh lebih panjang dibandingkan batas 6 detik yang sebelumnya disediakan Twitter lewat Vine.

Lagi-lagi, langkah Twitter menyematkan native video sharing dilakukan di tengah menanjaknya popularitas native video di layanan pesaing seperti Facebook.

Fitur perekaman video 30 detik ini untuk sementara baru tersedia untuk platform iOS, Android baru menyusul kemudian.

Sebelumnya, pada awal bulan Januari, Twitter meluncurkan fitur untuk mengumpulkan tweet yang terlewat oleh pengguna. Semua fungsi anyar tersebut dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan pengguna baru sekaligus meningkatkan tingkat engagement pengguna lama dengan Twitter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber MASHABLE

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.