Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raup Rp 921 Triliun, Apple Jadi Perusahaan Paling Untung Sedunia

Kompas.com - 28/01/2015, 10:36 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Raksasa teknologi Apple mendulang prestasi menakjubkan pada kuartal IV 2014. Perusahaan berlogo apel tergigit ini meraih total pendapatan 74 miliar dolar AS atau setara Rp 921 triliun dalam waktu tiga bulan.

Dilansir KompasTekno (28/1/2015) dari Gigaom, pendapatan bersih Apple sebesar 18 miliar dolar AS atau setara Rp 225 triliun. Angka ini menjadikan Apple sebagai perusahaan dengan rekor pendapatan per kuartal tertinggi sepanjang sejarah dunia.

Sebelumnya, rekor dipegang Gazprom, perusahaan gas alam terbesar di dunia milik Rusia. Perusahaan itu pernah meraup keuntungan 16,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 200 triliun.

Jika dirunut, setiap jam Apple meraup keuntungan 8,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 103 miliar.

CEO Apple, Tim Cook pun mengaku terkejut dengan keuntungan yang diraih. "Angka ini sulit dipahami. 34.000 iPhone terjual setiap jam, 24 jam per hari, setiap hari sepanjang kuartal ini," ia menjelaskan.

Berdasarkan data penjualan, iPhone berkontribusi paling besar terhadap keuntungan Apple. Apalagi, tahun lalu iPhone menelurkan iPhone 6.

"iPhone 6 adalah produk terpopuler pada kuartal sebelumnya. Tapi penjualan sebesar 74,5 juta membuktikan bahwa semua iPhone adalah populer," Cook menjelaskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber GigaOM

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.