Kompas.com - 28/01/2015, 13:57 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Penjualan smartphone Lumia mencatat sejarah baru. Pada kuartal IV-2014, seri smartphone yang kini dimiliki oleh Microsoft tersebut berhasil mencapai titik penjualan per kuartal tertinggi.

Microsoft mengumumkan, seperti KompasTekno kutip dari WM Poweruser, Selasa (27/1/2015), pada kuartal tersebut, Microsoft berhasil menjual sekitar 10,5 juta unit Lumia.

Jumlah tersebut meningkat cukup jauh dari kuartal sebelumnya. Pada kuartal III-2014, tercatat ada 9,3 juta unit Lumia yang terjual. Sementara itu, pada kuartal IV-2013, sebanyak 8,2 juta unit Lumia diboyong oleh pembeli di seluruh dunia.

Menurut IDC, ini pertama kalinya bagi seri Lumia bisa terjual melebihi angka 10 juta unit dalam satu kuartal. Lumia sendiri membutuhkan waktu hingga 20 kuartal untuk mencapai rekor tersebut.

Sebagai pembanding, perangkat berbasis Android membutuhkan waktu tujuh kuartal untuk mencapai rekor ini. Sedangkan iOS, dibutuhkan waktu 14 kuartal.

Tidak dijelaskan mengapa Microsoft berhasil mencapai rekor tersebut. Namun, dugaan sementara, banyaknya ponsel Lumia yang beredar pada tahun 2014 lalu menjadi alasan kuat di balik prestasi tersebut.

Dari penjualan Lumia tersebut, Microsoft berhasil memperoleh pendapatan sebesar 2,3 miliar dollar AS. Meski sangat besar, jumlah pendapatan tersebut sebenarnya mengalami penurunan dari kuartal sebelumnya.

Kala itu, jumlah pendapatannya ada di angka 2,6 miliar dollar AS, atau mengalami penurunan sekitar 600 juta dollar AS. Penurunan pendapatan ini disebabkan diharuskannya Microsoft untuk membayar biaya lisensi kepada Nokia setelah proses akuisisi lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.