Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vivaldi, Browser Buatan Mantan CEO Opera

Kompas.com - 28/01/2015, 15:01 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Mantan CEO Opera John S. Von Tetzchner merilis sebuah peramban (browser) baru untuk mengakses web. Peramban tersebut diberi nama Vivaldi dan dibekali dengan banyak fitur menarik.

Peramban ini dibangun menggunakan Chromium Surce Code, mirip dengan browser Opera saat ini. Karena mesin peramban tersebut bukan dibangun dari nol, tim pengembang Vivaldi dapat fokus pada persoalan layout serta fitur-fitur tambahan.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Rabu (28/1/2015), fitur-fitur yang dibenamkan di dalamnya salah satunya Quick Commands yang membuat peramban itu bisa dikendalikan menggunakan keyboard.

Vivaldi juga disertai tab Notes yang berguna untuk mencatat. Penggunanya bisa menyematkan screenshot dan coretan lain. Catatan di dalam browser itu bisa diberi tag serta diatur agar tetap rapi. Tab yang terbuka pun dapat dikelompokkan masing-masing.

Mereka saat ini sedang menyiapkan sejumlah fitur tambahan lain. Rencananya fitur itu harus sudah ada sebelum peramban ini resmi diluncurkan.

Fitur-fitur yang sedang diproses itu adalah Mail, Sync, Spatial Navigation, Performance, Extension. Bila ingin mencobanya, peramban Vivaldi sudah tersedia dalam versi pra-tinjau. Klik di sini untuk mencobanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com