Kompas.com - 29/01/2015, 13:23 WIB
Samsung Store di Hefei, provinsi Anhui ReutersSamsung Store di Hefei, provinsi Anhui
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dewi Fortuna belum memihak Samsung Electronics pada kuartal IV 2014 lalu. Setelah kompetitornya, Apple, mengumumkan angka keuntungan yang menakjubkan, Samsung justru merosot.

Sebagaimana dilaporkan The Wall Street Journal dan dikutip KompasTekno, Kamis (29/1/2015), laba Samsung menurun 27 persen dari tahun sebelumnya menjadi 4,9 miliar dolar AS atau setara Rp 61 triliun.

Tak ingin berlarut-larut, Samsung pun telah menyusun strategi untuk memulihkan kondisi perusahaannya. Pabrikan asal Korea Selatan ini menaruh harapan pada produksi chip dan ponsel murah.

Untuk itu, Samsung telah menuangkan miliaran dolar AS untuk memperluas pabrik ponselnya di Vietnam dan India. Untuk proyek ponsel murah, Samsung mulai dengan Z1 yang merupakan ponsel pintar pertama yang didukung oleh sistem operasi Tizen.

Selain itu, ke depannya Samsung akan menggunakan prosesor buatan sendiri dalam memproduksi smartphone Android Galaxy-nya. Langkah ini kemungkinan dimulai dari ditendangnya prosesor Qualcomm 810 untuk smartphone Galaxy S6.

Seperti diketahui, sejak tahun lalu, keuntungan Samsung memang terus merosot pada tiap kuartal. Hal ini karena persaingan pasar di sektor smartphone. Data dari peneliti menunjukkan Samsung kehilangan pangsa pasar smartphone yang signifikan menyusul peluncuran iPhone 6 besutan Apple pada September lalu.

Data dari Counterpoint Technology Market Research mengungkap, penjualan perangkat mobile Samsung turun ke posisi kelima di antara produsen Tiongkok pada kuartal ini. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kuartal sebelumnya, Samsung menguasai 17 persen pasar smartphone di Tiongkok. Saat ini merosot menjadi sembilan persen. Samsung dikalahkan oleh pemimpin pasar, Apple, serta rival domestiknya, seperti Xiaomi, Lenovo, dan Huawei.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.