Penyesalan Bill Gates, Tidak Bisa Bahasa Arab

Kompas.com - 29/01/2015, 14:04 WIB
Pendiri Microsoft, Bill Gates ReutersPendiri Microsoft, Bill Gates
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Orang terkaya di dunia pun memiliki penyesalan dalam hidup. Pendiri Microsoft, Bill Gates, mengaku menyesal karena tak menguasai bahasa lain selain bahasa Inggris.

Pernyataan itu dilayangkan Gates saat ditanya pada forum AMA (Ask Me Anything) di situs Reddit. Sebenarnya, kata Gates, dia pernah belajar bahasa Latin dan Yunani di sekolah menengah. Ia pun mendapat nilai A saat itu.

"Namun, saya berharap bisa menguasai bahasa Perancis, Arab, atau Tiongkok," kata pria 59 tahun ini, sebagaimana dilaporkan Business Insider dan dikutip KompasTekno, Kamis (29/1/2015). "Saya berharap bakal punya waktu untuk belajar bahasa-bahasa itu," ia menambahkan.

Gates mengungkapkan, dirinya pernah mencoba belajar lewat Duolingo, sebuah aplikasi gratis untuk belajar bahasa. Namun, itu tak bertahan lama. Ujung-ujungnya Gates tetap tak menguasai bahasa-bahasa yang ingin ia pelajari.

Di lain sisi, beberapa pimpinan perusahaan teknologi telah meluangkan waktu untuk menguasai bahasa asing. Salah satunya CEO Facebook, Mark Zuckerberg.

Pengusaha muda ini mulai berlatih bahasa Mandarin sembari mengembangkan Facebook di awal-awal kemunculan jejaring sosial itu.

Kini, Zuckerberg dapat dikatakan menguasai bahasa Mandarin. Ia pernah melakukan talk show dalam bahasa Mandarin selama lebih kurang 30 menit di sebuah universitas di Tiongkok, Oktober lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.