Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jiplakan" iPhone 6 Ini Lebih Bertenaga

Kompas.com - 29/01/2015, 15:36 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Dakele 3, kembaran iPhone 6 dari Tiongkok

KOMPAS.com - Popularitas iPhone membuatnya jadi produk yang banyak ditiru. Kali ini pun, iPhone 6 telah kembali dijiplak dalam bentuk smartphone bernama Dakele 3 oleh sebuah pabrikan Tiongkok.

Tampilan fisik dan antarmuka software dari Dakele 3 ibarat pinang dibelah dua dengan iPhone 6, mulai dari casing aluminium abu-abu yang membulat di bagian pinggir, sisi muka hitam mengilap, hingga bentuk aneka icon aplikasi.

Tetapi, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Business Insider, Rabu (28/1/2015), ponsel jiplakan yang harganya dipatok sebesar 240 dollar AS atau sekitar Rp 3 juta ini dibekali deretan hardware dengan spesifikasi yang terbilang lebih bertenaga dari iPhone 6 "asli".

GizmoChina Perbandingan iPhone 6 asli (kiri) dengan Dakele 3

Layarnya berukuran 5 inci dengan resolusi full-HD (1920x1080), lebih besar dan tajam dibandingkan iPhone 6 yang sebesar 4,7 inci (1334x750), sementara prosesor 64-bit Dakele 3 memiliki delapan buah core yang dipadu RAM 3 GB.

Di sisi lain, iPhone 6 "hanya" dibekali prosesor dual-core Apple A8 dan RAM sebesar 1 GB. Resolusi kamera Dakele 3 juga lebih besar, yakni 13 megapixel dibanding 8 megapixel pada iPhone 6.

Ponsel tiruan iPhone ponsel populer bikinan pabrikan lain lazim ditemukan di Tiongkok. Kadangkala produk yang ditelurkan memiliki keunikan tersediri. Beberapa waktu lalu, misalnya, ditemukan sebuah ponsel yang meniru smartphone Apple dan Samsung sekaligus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com