"Jiplakan" iPhone 6 Ini Lebih Bertenaga

Kompas.com - 29/01/2015, 15:36 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Dakele 3, kembaran iPhone 6 dari Tiongkok

KOMPAS.com - Popularitas iPhone membuatnya jadi produk yang banyak ditiru. Kali ini pun, iPhone 6 telah kembali dijiplak dalam bentuk smartphone bernama Dakele 3 oleh sebuah pabrikan Tiongkok.

Tampilan fisik dan antarmuka software dari Dakele 3 ibarat pinang dibelah dua dengan iPhone 6, mulai dari casing aluminium abu-abu yang membulat di bagian pinggir, sisi muka hitam mengilap, hingga bentuk aneka icon aplikasi.

Tetapi, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Business Insider, Rabu (28/1/2015), ponsel jiplakan yang harganya dipatok sebesar 240 dollar AS atau sekitar Rp 3 juta ini dibekali deretan hardware dengan spesifikasi yang terbilang lebih bertenaga dari iPhone 6 "asli".

GizmoChina Perbandingan iPhone 6 asli (kiri) dengan Dakele 3

Layarnya berukuran 5 inci dengan resolusi full-HD (1920x1080), lebih besar dan tajam dibandingkan iPhone 6 yang sebesar 4,7 inci (1334x750), sementara prosesor 64-bit Dakele 3 memiliki delapan buah core yang dipadu RAM 3 GB.

Di sisi lain, iPhone 6 "hanya" dibekali prosesor dual-core Apple A8 dan RAM sebesar 1 GB. Resolusi kamera Dakele 3 juga lebih besar, yakni 13 megapixel dibanding 8 megapixel pada iPhone 6.

Ponsel tiruan iPhone ponsel populer bikinan pabrikan lain lazim ditemukan di Tiongkok. Kadangkala produk yang ditelurkan memiliki keunikan tersediri. Beberapa waktu lalu, misalnya, ditemukan sebuah ponsel yang meniru smartphone Apple dan Samsung sekaligus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.