Kompas.com - 29/01/2015, 16:10 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Bill Gates punya inovasi baru dalam teknologi. Pendiri Microsoft ini sedang menggodok sebuah proyek rahasia yang ia namakan "Personal Agent". Proyek rahasia ini dibocorkan Gates dalam sebuah sesi tanya jawab yang digelar situs Reddit.

"Personal Agent" merupakan aplikasi pintar yang rencananya akan tersemat pada sistem operasi Windows, iOS, dan Android. Dilansir KompasTekno, Kamis (29/1/2015) dari The Verge, "Personal Agent" besutan Microsoft ini akan menjadi asisten pribadi bagi penggunanya.

Aplikasi ini akan mengingat segala sesuatu dan membantu pengguna menemukan barang yang terselip atau hal lainnya yang luput dari ingatan pengguna.

"Aplikasi ini juga mampu memilah agenda apa saja yang patut menjadi prioritas bagi penggunanya," kata orang terkaya di dunia tersebut.

Ide proyek Agen Personal ini terdengar hampir sama dengan Contana, proyek asisten pribadi besutan Microsoft sebelumnya. Contana dirilis pada April tahun lalu dan bekerja pada Windows Phone 8.1, Microsoft Band, dan Windows 10.

Contana memiliki kemampuan mengingat dan mengenal suara apa saja. Selain itu, pengguna dapat bertanya kepada Contana terkait hal- hal yang informasinya diakses melalui Bing, seperti cuaca, situasi jalan raya, skor olahraga, dan biografi.

Sebenarnya, Agen Personal adalah bentuk inovasi lebih lanjut dari Cortana. Pasalnya, Agen Personal dapat bekerja pada sistem operasi yang beragam, tak hanya pada OS Windows. Agen Personal juga memiliki kemampuan tambahan sehingga dapat dikatakan sebagai perbaikan dari Cortana.

Proyek Agen Personal adalah salah satu upaya Gates dalam menepati janjinya untuk meluangkan waktu lebih banyak di Microsoft. Sebelumnya, Gates disinyalir sudah jarang terlibat langsung dalam berbagai proyek di raksasa piranti lunak tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.