Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Rahasia Bill Gates Mirip Microsoft Cortana

Kompas.com - 29/01/2015, 16:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Bill Gates punya inovasi baru dalam teknologi. Pendiri Microsoft ini sedang menggodok sebuah proyek rahasia yang ia namakan "Personal Agent". Proyek rahasia ini dibocorkan Gates dalam sebuah sesi tanya jawab yang digelar situs Reddit.

"Personal Agent" merupakan aplikasi pintar yang rencananya akan tersemat pada sistem operasi Windows, iOS, dan Android. Dilansir KompasTekno, Kamis (29/1/2015) dari The Verge, "Personal Agent" besutan Microsoft ini akan menjadi asisten pribadi bagi penggunanya.

Aplikasi ini akan mengingat segala sesuatu dan membantu pengguna menemukan barang yang terselip atau hal lainnya yang luput dari ingatan pengguna.

"Aplikasi ini juga mampu memilah agenda apa saja yang patut menjadi prioritas bagi penggunanya," kata orang terkaya di dunia tersebut.

Ide proyek Agen Personal ini terdengar hampir sama dengan Contana, proyek asisten pribadi besutan Microsoft sebelumnya. Contana dirilis pada April tahun lalu dan bekerja pada Windows Phone 8.1, Microsoft Band, dan Windows 10.

Contana memiliki kemampuan mengingat dan mengenal suara apa saja. Selain itu, pengguna dapat bertanya kepada Contana terkait hal- hal yang informasinya diakses melalui Bing, seperti cuaca, situasi jalan raya, skor olahraga, dan biografi.

Sebenarnya, Agen Personal adalah bentuk inovasi lebih lanjut dari Cortana. Pasalnya, Agen Personal dapat bekerja pada sistem operasi yang beragam, tak hanya pada OS Windows. Agen Personal juga memiliki kemampuan tambahan sehingga dapat dikatakan sebagai perbaikan dari Cortana.

Proyek Agen Personal adalah salah satu upaya Gates dalam menepati janjinya untuk meluangkan waktu lebih banyak di Microsoft. Sebelumnya, Gates disinyalir sudah jarang terlibat langsung dalam berbagai proyek di raksasa piranti lunak tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com