Kompas.com - 30/01/2015, 09:51 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Situs The Wall Street Journal pada Kamis (29/1/2015) mengabarkan bahwa Microsoft menginvestasikan sejumlah uang kepada perusahaan startup pembuat custom ROM Android, Cyanogen.

Menurut sumber yang mengetahui permasalahan tersebut, jumlah dana yang diinvestasikan oleh perusahaan asal Remdond, Washington itu sekitar 70 juta dollar AS (sekitar Rp 880 miliar). Dana tersebut berasal dari sejumlah saham yang dijual Cyanogen kepada Microsoft.

Kesepakatan antara Microsoft dan "pengoprek Android" Cyanogen dipandang oleh para analis agak janggal, karena Microsoft sendiri memiliki platform Windows Phone yang pangsa pasarnya hanya sekitar 3 persen saat ini.

Spekulasi yang beredar, Microsoft ingin memasukkan mesin pencarinya, Bing ke dalam custom ROM yang dibuat Cyanogen agar bisa dipakai oleh lebih banyak pengguna.

Saat ini, custom ROM Android buatan Cyanogen diklaim telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna mobile di seluruh dunia, sebagian besar mengganti sistem operasi awal smartphone-nya dengan Cyanogen.

OnePlus One adalah salah satu smartphone Android yang menggunakan custom ROM tersebut.

Sumber tersebut juga mengatakan bahwa investor-investor lain kemungkinan juga akan bergabung dengan Cyanogen karena mereka juga ingin mengurangi kontrol Google atas Android.

Namun, sumber tersebut tidak mau menjelaskan secara rinci, siapa saja calon investor yang berminat menenamkan sahamnya di Cyanogen.

Beberapa perusahaan yang saat ini telah menginvestasikan dananya ke Cyanogen diketahui antara lain Benchmark Capital, Redpoint Ventures, Andreessen Horowitz dan raksasa jejaring sosial Tiongkok, Tencent.

Juru bicara resmi dari Microsoft dan Cyanogen menolak untuk berkomentar saat ditanya tentang kabar ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.