Kompas.com - 30/01/2015, 11:16 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Sony Mobile diyakini baru akan merilis smartphone terbarunya, Xperia Z4, dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2015 pada awal Maret mendatang. Sementara, rumor seputar spesifikasi dan bocoran fotonya sudah banyak beredar.

Xperia Z4 yang belum resmi dirilis Sony tersebut ternyata sudah hadir di Indonesia, meski bukan di pasaran. Smartphone Android flagship Sony tersebut diduga kuat tengah diuji oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia.

Dugaan muncul ini saat KompasTekno memantau situs resmi Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo pada Jumat (30/1/2015). Terdapat perangkat dengan nama model Sony E6533 tertera dalam situs tersebut.

Meski tak disebutkan secara gamblang nama perangkatnya namun menurut Xperia Blog, nomor model Sony E6533 tersebut tidak lain adalah Xperia Z4.

Perangkat tersebut, didaftarkan langsung oleh perusahaan Sony Mobile Communications. Saatditelusuri, saat ini ponsel tersebut baru masuk ke tahap "SP3, Balai Uji" atau dalam proses pengujian untuk memperoleh sertifikat dari Kementerian Kominfo.

Selain Xperia Z4, ada juga dua model perangkat Sony lain yang sedang dalam tahap pengujian. Perangkat tersebut didaftarkan dengan nama model E5333 dan E2352.

Diduga, kedua model tersebut adalah penerus dari seri ponsel kelas menengah Xperia T2 Ultra dan ponsel low-end Xperia M2.

Rumor perihal Xperia Z4 sendiri sudah banyak beredar di dunia maya. Perangkat ini dikatakan akan hadir dengan layar Triluminos dengan bentang 5,4 inci.

Dari segi spesifikasi internal, ia dikabarkan akan hadir dengan prosesor Snapdragon 805, RAM 4 GB, kamera belakang 20,7 megapiksel, dan kamera depan 4,8 megapiksel. Perangkat ini akan berjalan di sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.