Kompas.com - 30/01/2015, 18:08 WIB
Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg FacebookPendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Popularitas dari fitur video di situs jejaring sosial Facebook meningkat tajam. Kini, video di situs tersebut ditonton tiga kali lebih banyak dari beberapa bulan lalu.

Berdasarkan laporan keuangan kuartal IV 2014 yang diumumkan pada Kamis (29/1/2015) kemarin, Facebook mengungkapkan, video yang ada di situs Facebook ditonton sebanyak tiga miliar kali setiap harinya.

Jumlah tersebut, seperti KompasTekno kutip dari Recode, meningkat tiga kali lipat dari bulan September 2014 lalu. Kala itu, video yang ada di News Feed Facebook baru ditonton sebanyak satu miliar kali per harinya.

Facebook mengklaim bahwa jumlah tontonan tersebut hanya termasuk dalam video native saja. Maksud dari kata "native" di sini, video diunggah langsung ke server milik Facebook, tidak termasuk dari video yang dibagikan dari situs, seperti YouTube atau Vimeo.

Jika digabung dengan layanan video di luar Facebook, jumlah video yang ditonton setiap hari seharusnya bisa lebih besar dari angka 3 miliar.

Tingginya jumlah video yang ditonton dalam satu hari tersebut dinilai dapat menguntungkan Facebook dari segi finansial. Dengan jumlah penonton yang semakin banyak, kemungkinan perusahaan atau organisasi untuk memasang video iklan mereka semakin tinggi pula.

Dalam laporan keuangannya, Facebook juga melaporkan bahwa perusahaan ini berhasil mendapatkan pendapatan sebesar 3,85 miliar dollar AS atau sekitar Rp 48,5 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlah pengguna yang mendaftar ke jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg ini mencapai 1.393 miliar orang, meningkat 3,18 persen dari kuartal sebelumnya.

Jumlah pengguna aktifnya sendiri ada di angka 890 juta orang per hari, 1,19 miliar orang untuk masa per bulan, dan 745 juta orang untuk pengguna harian Facebook mobile.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.