Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prynt Ubah Smartphone Jadi Kamera Polaroid

Kompas.com - 31/01/2015, 17:13 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
Prynt, casing smartphone pencetak foto

KOMPAS.com - Kamera instan Polaroid bisa dibilang sudah menjadi bagian dari masa lalu. Sebuah proyek Kickstarter coba “menghidudupkan” kembali kenangan tentang produk ikonik itu, bukan dalam bentuk kamera, melainkan casing smartphone.

Dilansir KompasTekno dari Cnet, Sabtu (31/1/2015), casing smartphone bernama Prynt tersebut nantinya bakal memungkinkan penggunanya mencetak foto langsung dari ponsel sehingga mirip-mirip kamera Polaroid.

Caranya cukup dengan memasang casing ke smartphone dan mengambil gambar dengan aplikasi khusus yang disediakan oleh Prynt. Foto hasil jepretan pun langsung nongol dari bagian atas Prynt.

Teknologi di baliknya adalah kertas foto tanpa tinta “ZINK” berukuran 2x3 inci (5x7.62 cm) yang juga digunakan di printer portabel macam LG Popo dan HiTi Pringo.

Prynt kompetibel dengan beberapa smartphone yang tersedia di pasaran, yakni Apple iPhone 6, iPhone 5/5C/5S, serta Samsung Galaxy S4 dan S5.

Lucunya, aplikasi Prynt dibekali teknologi serupa augmented reality. Ia akan merekam sebuah video pendek setiap kali pengguna menjepret tombol shutter.

Apabila pengguna membidik foto yang dicetak itu di depan kamera saat menjalankan aplikasi, video yang bersangkutan akan diputar di dalam frame foto sehingga menghasilkan efek visual menarik.

Seperti halnya kamera instan Polaroid jadul, kertas khusus yang diperlukan untuk mencetak foto dari Prynt dibanderol relatif mahal, mencapai 25 dollar AS atau sekitar Rp 320 ribu untuk paket berisi 50 lembar.

Prynt saat ini masih berupa proyek pengumpulan dana di situs Kickstarter. Target funding sebesar 50.000 dollar AS telah terlewati, bahkan kini mendekati kisaran 450 ribu dollar AS. Sebagian besar unit awal yang ditawarkan untuk penyumbang dana sudah ludes dipesan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com