Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Now Kini Makin Lengkap

Kompas.com - 02/02/2015, 10:16 WIB
Deliusno,
Fatimah Kartini Bohang

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google bakal merilis penyegaran baru dari aplikasi Google Now. Di versi terbarunya nanti, Google akan menyajikan informasi dari aplikasi pihak ketiga di Google Now.

Selama ini, aplikasi Google Now menyajikan berbagai card atau kartu yang berisikan berbagai informasi. Aplikasi tersebut bisa menawarkan petunjuk arah ke rumah, berita berdasarkan minat pengguna, hingga informasi seputar tempat menarik di sekitar pengguna.

Semua informasi tersebut diambil langsung dari interaksi pengguna dengan aplikasi-aplikasi milik Google. Sebagai contoh, apabila pengguna sering mencari informasi terkait suatu topik di search engine Google, maka Google Now secara rutin akan menghadirkan informasi dari topik tersebut.

Nah, melalui update baru terbaru, Google Now akan memberikan berbagai informasi yang tidak berasal dari Google langsung, melainkan dari aplikasi buatan pihak ketiga. Total, ada 40 aplikasi yang didukung langsung oleh Google Now.

Beberapa contoh aplikasi yang didukung adalah The Guardian, Pandora, Duolingo, Airbnb, dan Waze.

Google, dalam blog resminya, menyontohkan pengguna akan menerima kartu yang berisikan rekomendasi lagu dari Pandora. Untuk aplikasi Airbnb, jika pengguna mencari tempat penginapan dalam satu waktu, Google Now akan memberikan informasi tempat penginapan lain yang mungkin belum dilihat oleh pengguna.

Seperti diketahui, Google Now diluncurkan pada 2012. Awalnya fitur ini hanya tersedia untuk sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean ke atas. Namun sejak pertengahan April, fitur ini juga bisa diakses untuk perangkat iOS.

Google Now berfungsi sebagai asisten pribadi yang bisa diperintah dengan suara. Layaknya Siri besutan Apple dan Cortana besutan Microsoft. Fitur ini memungkinkan pencarian berdasarkan personalisasi dalam bentuk kartu. Hal yang dibutuhkan atau diinginkan pengguna dapat diidentifikasi Google Now berdasarkan tindakan pengguna sebelumnya atau diatur terlebih dahulu.

Sebelumnya, fitur ini hanya mendukung produk layanan Google seperti Maps, Calendar, dan Gmail. Ke depannya, Google menyatakan akan lebih banyak melibatkan pengembang aplikasi agar dapat memfungsikan Google Now.

Jika sesuai dengan pernyataan pihak Google, dalam beberapa minggu ini Google Now akan berekspansi dengan mendukung sekitar 40 aplikasi pihak ketiga.

Hingga saat berita ini dinaikkan, Google belum menghadirkan update Now untuk wilayah Indonesia. Belum ada penjelasan kapan tepatnya pembaruan tersebut hadir di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com