Google Jadikan "Hacker" Teman demi Play Store

Kompas.com - 02/02/2015, 14:55 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Peretas (hacker) biasanya dijadikan musuh, namun tidak oleh Google. Google justru merangkul para hacker untuk menjaga keamanan toko aplikasi Android.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Senin (2/2/2015), Google disebutkan siap menggelontorkan uang tunai hingga 3.133 dollar AS atau sekira Rp 39 juta, untuk para peretas (hacker) dan peneliti.

Dana itu diberikan untuk tiap kasus penelitian yang dibeberkan terkait kelemahan Google Play Store. Rencana ini menyusul banyaknya aplikasi berbahaya yang melenggang masuk ke toko aplikasi Google tersebut.

Lebih lanjut, masih dalam upaya mengamankan toko aplikasinya, Google akan membuat sebuah sistem pengamanan. Disinyalir, sistem ini memungkinkan Play Store memiliki antivirus sendiri.
 
Sistem ini juga dapat memeriksa dan memblokir aplikasi yang dianggap berbahaya, agar tidak masuk ke Play Store. Dalam menggodok sistem ini, para peneliti dan peretas turut dilibatkan untuk memastikan bahwa antivirus yang dimaksudkan tak bercelah.

Ide pembuatan sistem tersebut adalah bagian dari program "Vulnerablity Reward Program" atau VRP. Bagi yang belum tahu, VRP adalah program keamanan Google sejak 2010 yang berfokus untuk melindungi layanan-layanan di bawah naungan Google.

Dalam lima tahun terakhir, Google telah mengeluarkan dana sebesar 4 juta dollar AS atau setara Rp 50 miliar, dalam upaya memperkuat sistem keamanan berbagai layanannya.

Dana itu diberikan dalam bentuk hadiah kompetisi bagi para peneliti dan peretas yang berhasil menemukan dan melaporkan kelemahan pada layanan Google secara spesifik. Biasanya, tiap kompetisi digelar, peserta kompetisi memperebutkan uang tunai 1 juta dollar AS atau setara Rp 12 miliar. Layanan yang biasanya diulas pun adalah Google Chrome.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.