Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kocak, Parodi Lagu Liga Champions Ramai di YouTube

Kompas.com - 03/02/2015, 09:28 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber YouTube
KOMPAS.com — Lagu tema Liga Champions Eropa atau biasa dikenal dengan nama "UEFA Champions League Anthem" mendadak tenar di jagat maya Indonesia. Penyebabnya, ada seorang pengguna YouTube membuat lirik parodi dari lagu yang dijamin dapat membuat penonton video tersebut tertawa lebar.

Pengguna tersebut menggunakan nama samaran MolVore dan mengunggah video kocak berjudul "Champions League Anthem 'Beli Balsem' (Misheard Lyrics Indonesia)" itu pada 26 Januari 2015 yang lalu. Pantauan KompasTekno, Senin (2/2/2015), video tersebut sudah ditonton lebih dari 20.000 kali.

YouTube
MolVore membuat lirik parodi dari lagu Liga Champions Eropa
Video parodi ini sendiri berisikan lagu tema Liga Champions yang sebenarnya, tanpa diedit sedikit pun. MolVore hanya menambahkan teks lirik lagu pada video tersebut.

Nah, teks video inilah yang menjadi letak sumber kelucuannya. Ia mengganti lirik dari lagu tersebut menjadi kata-kata yang sebenarnya tidak ada kaitannya dengan lagu, tetapi tetap terdengar mirip dengan lirik sebenarnya.

Contohnya, lirik lagu sebenarnya menuliskan "sie sind die allerbesten Mannschaften". Kemudian, MolVore menggantinya dengan kata "si Siti pakai lotion Pak Johnson".

Memang, apabila dibaca langsung, kedua kalimat tersebut berbeda cukup jauh. Namun, apabila diucapkan, ternyata keduanya sangat mirip.

Sekadar informasi, lagu tema Liga Champions ditulis dalam tiga bahasa sekaligus, yakni Perancis, Jerman, dan Inggris. Memang cukup sulit untuk mendengar perkataan dari penyanyi sebenarnya.

"Liriknya gw buat menurut yang gw denger," tulis MolVore dalam keterangan video YouTube tersebut.

Video parodi ini pun mendapat respons positif dari pengguna YouTube lainnya. "Lirik awal aja sudah bikin ngakak," tulis pengguna bernama Marcellus Arnold. "Sumpah, saya ngakak," tulis pengguna lainnya, Faris Greget.

Selain video lagu Liga Champions Eropa ini, MolVore juga punya beberapa video parodi lainnya. Kebanyakan, video tersebut diambil dari lagu tema film animasi Jepang.

Teknik video parodi ini sebenarnya sudah umum di luar negeri. Teknik tersebut dikenal dengan nama misheard atau mondegreen. Secara harfiah, mondegreen dapat diartikan saat seseorang tidak dapat mendengar lirik lagu dengan jelas, kemudian menggantikannya dengan kata yang terdengar mirip.

Simak video dari MolVore di bawah ini:

Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=bcRjRXIRSco

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber YouTube



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com