Raspberry Pi 2 Seharga Rp 450.000 Bisa Windows 10

Kompas.com - 03/02/2015, 15:29 WIB
Komputer Raspberry Pi 2 Model B Raspberry PiKomputer Raspberry Pi 2 Model B
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Komputer Raspberry Pi 2 Model B

KOMPAS.com - Tiga tahun berlalu semenjak kemunculan Raspberry Pi, generasi kedua dari komputer mini itu telah diumumkan oleh pembuatnya, lembaga nirlaba Raspberry Pi Foundation.

Informasi yang dikutip Kompas Tekno dari Cnet, Selasa (3/2/2015) menyebutkan bahwa komputer Raspberry Pi baru ini dihargai sama dengan pendahulunya, yakni di kisaran 35 dollar AS atau sekitar Rp 450.000.

Kendati demikian, jeroan perangkat bernama lengkap Raspberry Pi 2 Model B ini jauh lebih bertenaga, mencakup prosesor Broadcomm 900 MHz dengan CPU quad-core ARM Cortex-A7 dan RAM 1 GB.

Raspberry Pi pun menyebut komputer mungil buatannya sanggup menjalankan sistem operasi Windows 10 serta telah bermitra dengan Microsoft untuk mewujudkan hal tersebut.

"Kami telah bekerja sama erat dengan Microsoft untuk membawa Windows 10 ke Raspberry Pi 2. Microsoft akan mengumumkan informasi tambahan selama beberapa bulan ke depan," tulis Raspberry Pi dalam tulisan di sebuah blog.

Perlu ditambahkan bahwa Windows 10 untuk Raspberry Pi 2 akan berbeda dari versi umum untuk konsumen karena ditujukan untuk pengembangan aplikasi Internet of Things (IoT).

"Ini adalah Windows 10 untuk aplikasi-aplikasi TI," kata pendiri Raspberry Pi Eben Upton. Selain Windows 10 edisi khusus, Raspberry Pi 2 Model B juga bisa menjalankan sistem operasi Linux Ubuntu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Komputer mini ini sudah dapat dibeli di Element14 dan peritel-peritel lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.