Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp "Bocor", Foto Pengguna Bisa Diintip

Kompas.com - 03/02/2015, 20:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Logo WhatsApp.

KOMPAS.com - WhatsApp versi desktop resmi diluncurkan Januari lalu dalam bentuk web client. Pengguna layanan pesan instan itu pun bisa bertukar pesan lewat peramban Chrome di komputer.

Sayangnya, sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari The Register, Selasa (3/2/2015), ada masalah yang sedikit mengganggu privasi pengguna di web client WhatsApp yang beralamat di web.whatsapp.com.  

Indrajeet Bhuyan, seorang peneliti keamanan berusia 17 tahun, menemukan bahwa problem sinkronisasi antara aplikasi mobile dan web client WhatsApp memungkinkan foto profil pengguna dilihat oleh orang asing yang nomer ponselnya tak tercantum dalam daftar kontak WhatsApp.

WhatsApp sebenarnya menyediakan opsi untuk menyembunyikan profile picture dari orang asing dan hanya menunjukkannya pada teman di daftar kontak. Namun hal ini dibuat tak berlaku di web oleh masalah keamanan di atas.

Masalah lainnya yang juga ditemukan Bhuyan adalah foto yang telah dihapus masih bisa dilihat dengan jelas melalui web client, biarpun hanya tampak sebagai gambar buram jika dibuka memakai aplikasi mobile.

Pakar keamanan Graham Cluley mengatakan bahwa, meski tak mengancam data yang benar-benar sensitif, masalah keamanan ini cukup mengganggu privasi pengguna WhatsApp.

"Faktanya adalah ada pengguna WhatsApp yang membatasi foto profil mereka. Para pengguna ini berharap WhatsApp mengikuti keinginan mereka dan hanya memperlihatkan foto pada orang yang telah disetujui oleh pengguna," ujar Cluley.

Sebelumnya, pada Desember lalu, Bhuyan pernah mengungkapkan bug lain pada WhatsApp, di mana ia bisa membuat pesan khusus yang bisa membuat crash aplikasi pesan instan tersebut.  

Penjelasan mengenai masalah WhatsApp yang ditemukan Bhuyan kali ini bisa dilihat dalam video di bawah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com