Merugi, Lenovo Tertolong Smartphone dan Motorola

Kompas.com - 04/02/2015, 10:10 WIB
Kantor Lenovo di Morrisville, North Carolina Kantor Lenovo di Morrisville, North Carolina
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Unit bisnis mobile milik Lenovo menjadi penyumbang terbesar keuntungan perusahaan di kuartal III 2014. Meski demikian, kinerja perusahaan secara keseluruhan dilaporkan merugi sekitar 4,6 persen dibanding kuartal tiga 2013.

Bisnis mobile milik Lenovo yang termasuk di dalamnya adalah Motorola Mobility yang telah diakuisisi sebelumnya, menembus angka pengiriman 10 juta unit smartphone untuk pertama kalinya pada akhir Desember 2014 lalu.

Produk-produk mobile Lenovo yang terdiri atas smartphone dan tablet itu mencatat nilai penjualan sebesar 3,4 miliar dollar AS pada kuartal ketiga 2014. Angka tersebut meningkat 118 persen dibanding kuartal yang sama di tahun sebelumnya.

Jika digabungkan dengan Motorola, maka Lenovo saat ini memiliki pangsa pasar smartphone global sebesar 6,6 persen, meningkat 78 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Dikutip KompasTekno dari Cnet, Senin (2/2/2015), Lenovo berharap bisnis Motorola bisa mulai mendapatkan untung dalam enam kuartal ke depan, atau kurang lebih satu setengah tahun.

Target tersebut yakin bisa diwujudkan seiring dengan kembalinya Motorola di pasar Tiongkok.

Saat ini, Lenovo telah menjadi produsen smartphone nomor 2 di Tiongkok. Brand Motorola sendiri diposisikan untuk bersaing dengan smartphone kelas atas, seperti besutan Samsung dan Apple.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dua bisnis yang kami akuisisi (Motorola dan IBM) tahun lalu telah menjadi mesin pertumbuhan bisnis bagi kami," ujar CEO Lenovo, Yuanqing Yang dalam sebuah pernyataan tertulis.

Namun, secara keseluruhan, pendapatan bersih Lenovo di tahun kuartal yang berakhir pada Desember 2014 lalu turun sebesar 4,6 persen dibanding kuartal ketiga 2013, dari 265 juta dollar AS menjadi 253 juta dollar AS saja.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.