Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android 5.1 Lollipop Muncul Pertama Kali di Indonesia

Kompas.com - 04/02/2015, 12:03 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem operasi Android versi 5.1 Lollipop akan segera memulai debutnya. Satu hal yang membuatnya menjadi spesial, sistem operasi terbaru dari Google ini tampaknya bakal diperkenalkan secara global untuk pertama kalinya di Indonesia.

Dugaan tersebut muncul pertama kalinya dari sebuah undangan peluncuran perangkat Android One yang dikirimkan oleh vendor Nexian. Dalam undangan tersebut, Nexian membeberkan bahwa produk tersebut berjalan di OS Android 5.1 Lollipop.

"Untuk menjadi orang pertama yang menyaksikan hadirnya 'perangkat dengan Android Lollipop 5.1 pertama di dunia'," tulis pihak Nexian pada undangan yang KompasTekno terima.

Hal tersebut semakin diperkuat dari informasi yang disajikan di situs resmi Android One. Pada laman situs tersebut, pihak Google memang membenarkan bahwa produk ponsel Android One yang beredar di Indonesia akan berjalan di Android versi terbaru ini.

"Ponsel cerdas yang cepat dan responsif, menggunakan Android versi terbaru, Lollipop 5.1," tulis Google.

Rumor yang berkembang belakangan ini memang menyebutkan, Android 5.1 bakal dirilis pada bulan Februari 2015. Dengan menggunakan nama kode yang sama, Lollipop, OS baru besutan Google ini tampaknya tidak akan mendapatkan penyegaran yang terlalu signifikan.

Kabar yang berkembang menyebutkan, Android 5.1 akan mendapat berbagai perbaikan bug, peningkatan manajemen RAM, perbaikan masalah notifikasi, peningkatan manajemen baterai, dan masih banyak lagi.

Android One sendiri adalah program penyediaan ponsel terjangkau dari Google yang ditujukan untuk negara berkembang. Pabrikan ponsel rekanan Google bisa menggunakan rancangan dasar smartphone Android One untuk membuat produk masing-masing.

Di Indonesia, ada tiga vendor yang memasukkan ponsel Android One, yakni Evercoss, Mito, dan Nexian. Ketiga produk tersebut adalah One X dari Ecercoss, Impact dari Mito, dan Journey dari Nexian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com