Kompas.com - 04/02/2015, 15:31 WIB
Surface 2 The VergeSurface 2
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sistem operasi Windows RT saat ini hanya diusung oleh tablet Nokia Lumia 2520 dan Surface 2. Kedua tablet tersebut saat ini tidak lagi diproduksi. Dengan demikian, nasib Windows RT telah berhenti.

"Kami tidak lagi memproduksi Nokia Lumia 2520," demikian ujar pernyataan Microsoft, seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (3/2/2015).

Satu minggu sebelumnya, Microsoft juga memutuskan untuk menghentikan produksi tablet Surface 2 yang juga menggunakan sistem operasi Windows RT.

Vendor-vendor komputer seperti Lenovo, Asus, Samsung, dan Dell memang sebelumnya ikut mendukung Windows RT, namun produsen-produsen tablet tersebut akhirnya menarik diri karena tablet Windows RT tidak berhasil menarik minat konsumen.

Beberapa faktor yang turut menyumbang rendahnya popularitas tablet Windows RT antara lain minimnya aplikasi berbasis layar sentuh dan tampilan desktop yang membingungkan.

Windows RT menggunakan prosesor berbasis ARM, produsen tablet Windows kini juga lebih memilih untuk menggunakan prosesor buatan Intel untuk tablet-tablet ukuran 7 hingga 8 inci.

Kini, semua perhatian tertuju pada sistem operasi Windows 10 yang akan diluncurkan Microsoft tahun ini. Microsoft telah memamerkan fitur Windows 10 untuk perangkat smartphone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belum jelas apakah Microsoft juga akan membuat perangkat tablet Windows 10 ukuran 7 - 8 inci berbasis ARM atau tidak.

Versi Preview Windows 10 untuk tablet sendiri telah ditampilkan Microsoft, namun didesain utnuk perangkat ukuran layar 8 inci ke atas.

Hingga kini, Microsoft belum memberikan pernyataan tentang rencananya membuat tablet berbasis ARM.

Dengan dihentikannya produksi tablet Surface 2, sementara penjualan Surface Pro 3 yang berbasis prosesor Intel ternyata lebih baik, nampaknya Microsoft akan lebih fokus menggarap pasar tablet berbasis prosesor Intel.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.