Bos Google Bandingkan Android One dengan Xiaomi

Kompas.com - 04/02/2015, 21:03 WIB
Tiga model ponsel Android One Indonesia dari Evercoss, Mito, dan Nexian android.comTiga model ponsel Android One Indonesia dari Evercoss, Mito, dan Nexian
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Ponsel-ponsel Android One akan segera memasuki pasaran Indonesia. Menurut keterangan resmi dari Google, harga jual ponsel Android One di Indonesia akan kurang dari Rp 1,4 juta. 

Namun, dengan banderol harga Rp 1,4 juta, Android One tak akan bermain sendirian di ranah "ponsel murah" Tanah Air. Pabrikan-pabrikan lokal dan internasional telah lebih dulu melempar produk di kelas harga serupa.

Xiaomi, misalnya, memiliki ponsel seri Redmi 1S yang laris manis di Indonesia karena mengusung spesifikasi mumpuni dan harganya dipatok di kisaran Rp 1,5 juta, hanya berselisih Rp 100.000 dari Android One.

"Xiaomi menawarkan hardware yang cukup bagus, dan mereka juga menjalankan Android," puji VP Android & Chrome, Caesar Sangupta, saat dijumpai Kompas Tekno dalam acara jumpa pers di kantor Google, bilangan Senayan, Jakarta, Rabu (4/2/2015), menanggapi persaingan yang akan timbul di antara Android One dengan pabrikan asal Tiongkok tersebut.

Meski harga dan spesifikasinya bisa disaingi produk lain, Sangupta menekankan bahwa Android One tetap memiliki kelebihan tersendiri dibandikan ponsel Android lainnya dalam bentuk dukungan perangkat lunak yang disalurkan langsung oleh Google.

"Android One akan selalu mendapat Android versi termutakhir, yang terbaru dari Google. Keuntungan utamanya adalah ponsel-ponsel itu akan selalu menjadi lebih baik dengan software terkini," jelas Sangupta yang mengaku berteman akrab dengan petinggi Xiaomi, Hugo Barra.

Dia mencontohkan sistem operasi Android 5.1 terbaru yang akan muncul perdana di perangkat Android One pada Rabu (4/2/2015) sore ini melalui produk Nexian Journey. Dalam waktu bersamaan, para pemilik Android One di India akan mendapat update OS Android 5.1.

India memang menjadi negara pertama tempat Android One mulai dipasarkan, September tahun lalu. Di Indonesia, Google merangkul tiga brand lokal, yakni Evercoss, Mito, dan Nexian dalam meluncurkan perangkat Android One.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.