Kompas.com - 05/02/2015, 10:57 WIB
Logo Twitter. BBCLogo Twitter.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Selama ini, pengguna internet kesusahan dalam mencari kicauan akun Twitter seseorang melalui mesin pencari seperti Google. Twitter mengubah kebijakan ini dengan memungkinkan postingan timeline-nya mudah ditemukan.

Dikutip KompasTekno dari Bloomberg, Kamis (5/2/2015), Twitter telah bersepakat dengan Google agar postingan di jejaring sosial 140 karakter itu bisa lebih mudah dicari. Kebijakan tersebut akan mulai diterapkan mulai paruh pertama tahun ini.

Dengan kesepakatan tersebut, kicauan di Twitter akan bisa dilihat melalui mesin pencari Google. Menurut sumber dalam yang dekat dengan permasalahan ini, situs microblogging Twitter itu saat ini melayani 284 juta pengguna setiap harinya.

Sebelumnya, Google hanya bisa mengumpulkan informasi dari Twitter secara setengah-setengah, dan secara tidak langsung. Kini informasi tersebut bisa didapat Google secara otomatis dari Twitter.

Twitter sendiri diuntungkan dengan memungkinkan konten-kontennya bisa dilihat lebih banyak audiens, termasuk konten iklan di dalamnya, mengingat pertumbuhan jumlah pengguna Twitter kini semakin melambat.

Sebelumnya, Twitter juga menyediakan data untuk raksasa teknologi Microsoft dan Yahoo, serta situs pencari, Bing.

Persetujuan antara Twitter dan Google tersebut sebenarnya sempat terjalin dari tahun 2009 hingga 2011. Namun, Chief Operating Officer Twitter saat itu, Ali Rowghani menolak untuk memperpanjang kesepakatan.

Rowghani saat itu beralasan Twitter ingin mengontrol sendiri konten-kontennya dan mendapat kontrol yang lebih banyak.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.