Kompas.com - 05/02/2015, 14:17 WIB
Mobil misterius Apple yang dilengkapi dengan sistem kamera Light Detection and Ranging di bagian atapnya. The VergeMobil misterius Apple yang dilengkapi dengan sistem kamera Light Detection and Ranging di bagian atapnya.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sebuah mobil jenis mini van yang disewa Apple ditemukan berkeliling di seputar Bay Area, San Fransisco serta sekeliling New York, AS. Anehnya, kendaraan tersebut dilengkapi dengan banyak kamera di bagian atasnya.

Spekulasi mengenai hal ini pun bermunculan. Salah satunya, seperti yang dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (5/2/2015), menyebutkan bahwa kamera di atas mobil tersebut merupakan seperangkat sistem Light Detection and Ranging (LIDAR) yang sedang digunakan Apple untuk memperbaiki layanan peta miliknya.

LIDAR sendiri merupakan sistem kamera yang digunakan oleh Google dan Nokia untuk memetakan gambar di layanan Street View. Pada mobil milik Google, sistem kamera itu diletakkan di atap dan mampu memotret sekelilingnya.

Sekitar lebih dari dua tahun lalu, Apple telah berhenti menggunakan Google sebagai penyedia peta. Raksasa teknologi dari Cupertino ini mengantikannya dengan Apple Maps yang kemudian dikenal banyak memiliki masalah.

Masalah pada Apple Maps itu antara lain daftar nama yang tidak akurat, foto 3D yang buruk, dan navigasi jalan yang tidak memuaskan. Masalah-masalah tersebut kemudian diselesaikan secara bertahap.

Selain untuk membuat layanan peta, LIDAR juga bisa digunakan untuk memantau jarak antara kendaraan-kendaraan di jalan. Hasil pantauan tersebut berguna untuk mengatur sistem kendali otomatis hingga rem pada mobil.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.