Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Misterius Apple Ditemukan Sedang Memotret Jalan

Kompas.com - 05/02/2015, 14:17 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Sebuah mobil jenis mini van yang disewa Apple ditemukan berkeliling di seputar Bay Area, San Fransisco serta sekeliling New York, AS. Anehnya, kendaraan tersebut dilengkapi dengan banyak kamera di bagian atasnya.

Spekulasi mengenai hal ini pun bermunculan. Salah satunya, seperti yang dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (5/2/2015), menyebutkan bahwa kamera di atas mobil tersebut merupakan seperangkat sistem Light Detection and Ranging (LIDAR) yang sedang digunakan Apple untuk memperbaiki layanan peta miliknya.

LIDAR sendiri merupakan sistem kamera yang digunakan oleh Google dan Nokia untuk memetakan gambar di layanan Street View. Pada mobil milik Google, sistem kamera itu diletakkan di atap dan mampu memotret sekelilingnya.

Sekitar lebih dari dua tahun lalu, Apple telah berhenti menggunakan Google sebagai penyedia peta. Raksasa teknologi dari Cupertino ini mengantikannya dengan Apple Maps yang kemudian dikenal banyak memiliki masalah.

Masalah pada Apple Maps itu antara lain daftar nama yang tidak akurat, foto 3D yang buruk, dan navigasi jalan yang tidak memuaskan. Masalah-masalah tersebut kemudian diselesaikan secara bertahap.

Selain untuk membuat layanan peta, LIDAR juga bisa digunakan untuk memantau jarak antara kendaraan-kendaraan di jalan. Hasil pantauan tersebut berguna untuk mengatur sistem kendali otomatis hingga rem pada mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com