Video di YouTube Bisa Ditonton dari Berbagai Sudut

Kompas.com - 05/02/2015, 15:04 WIB
Techcrunch
Untuk berpindah sudut pandang kamera, cukup memilih thumbnail yang ada di bagian kanan layar
KOMPAS.com - Untuk ke depannya, menonton video di YouTube bakal makin dinamis. Pasalnya, saat ini anak perusahaan Google ini telah memulai eksperimen yang mengizinkan penonton mengganti sudut pandang kamera dalam satu video.

Biasanya, penonton hanya bisa "pasrah" menyaksikan sebuah video dalam satu sudut atau angle saja. Dengan adanya fitur baru tersebut, apabila penonton sudah bosan dalam dalam satu sudut, mereka bisa menggantinya dengan sudut pandang dari kamera lain.

Karena baru di tahap pengujian, YouTube baru mengunggah sebuah video yang sudah dilengkapi dengan fitur multi-angle tersebut. Video pertama yang mendapatkan kehormatan mendapatkan fitur ini adalah penampilan live dari seorang artis bernama Madilyn Bailey.

Tidak sulit untuk menggunakan fitur multi-view video ini. YouTube sudah menyediakan berbagai thumbnail di bagian kanan layar agar pengguna dapat dengan mudah berganti sudut pandang kamera.

Seperti dikutip KompasTekno dari Techcrunch, Kamis (5/2/2015), pengguna juga bisa menggunakan keyboard untuk berganti kamera.

Hingga saat ini, YouTube masih belum masih menjelaskan hal teknis cara membuat video semacam itu. Berapa banyak sudut kamera yang dapat didukung fitur tersebut pun masih belum diketahui.

Hal tersebut terjadi karena, sekali lagi, fitur ini masih dalam tahap pengujian. Tim pengembangan YouTube pun tampaknya belum siap untuk merilis fitur tersebut dalam waktu dekat ini.

YouTube bukanlah situs pertama yang ingin menghadirkan fitur multi-view ini. Beberapa layanan yang sudah memiliki fitur tersebut adalah Streamweaver dan Switchcam.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


PenulisDeliusno
EditorReza Wahyudi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X