Perbandingan Android One Vs Xiaomi Redmi 1S

Kompas.com - 05/02/2015, 15:58 WIB
Ponsel Android One Evercoss One X Oik Yusuf/ Kompas.comPonsel Android One Evercoss One X
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Android One, proyek smartphone murah dari Google akhirnya resmi dipasarkan di Indonesia. Google menggandeng tiga vendor lokal Nexian, Evercoss, dan Mito dalam memasarkan Android One.

Dengan banderol harga sekitar Rp 1 hingga Rp 1,4 juta, Android One diyakini bisa menarik minat pengguna feature phone untuk beralih ke smartphone. Namun, bagaimana Android One jika dibandingkan dengan smartphone lain dengan harga yang mirip.

oik yusuf/ kompas.com Xiaomi Redmi 1S
Di pasar Indonesia, salah satu Android One yang diluncurkan adalah Evercoss One X dengan banderol harga Rp 1,4 juta. Smartphone ini bakal bersaing dengan ponsel pintar lain, seperti Xiaomi Redmi 1S yang memiliki banderol harga yang sama, dan juga dipasarkan secara online.

Dengan banderol harga yang sama, spesifikasi smartphone menjadi perbandingannya. Mari kita tilik satu persatu.

Sistem operasi

Android One karena merupakan proyek dari Google, mendapatkan prioritas update terlebih dahulu. Karena itu, Android One yang dipasarkan di Indonesia telah mengusung versi OS terbaru, Android 5.1 Lollipop.

Xiaomi Redmi 1S sendiri baru mendapat jatah OS Android 4.3 JellyBean. Namun Xiaomi mengembangkan sistem antarmuka yang dikembangkan khusus yang disebut dengan MIUI yang banyk dipuji karena bagus dan cepat.

Di samping itu, aplikasi-aplikasi bloatware (bawaan) yang dianggap tidak perlu juga tidak disertakan oleh Xiaomi.

Layar

Dari ukuran layar, seluruh versi Android One yang masuk Indonesia, termasuk Evercoss One X, mengusung ukuran layar 4,5 inci dengan resolusi 854x480 piksel.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X