Kompas.com - 06/02/2015, 09:44 WIB
Karyawan di pabrik Evercoss, Kawasan Industri Terboyo, Semarang. Oik Yusuf/KompasTeknoKaryawan di pabrik Evercoss, Kawasan Industri Terboyo, Semarang.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Masuknya ponsel murah Android One ke pasaran Indonesia melalui Evercoss, Mito, dan Nexian disambut baik oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Menkominfo pun sempat bertemu dengan VP Android & Chrome Google Caesar Sengupta sebelum peluncuran Android One digelar minggu ini.

Dari pertemuan tersebut, Rudiantara melihat peluang bagi tiga vendor lokal rekanan Google itu untuk memproduksi ponsel murah Android One dengan konektivitas 4G di Indonesia.

"Android One kan masih 3G. Saya bicara soal 4G kemarin, soalnya mereka (Evercoss, Mito, dan Nexian) kan punya rekanan OEM. Jadi, bagaimana jika memproduksi Android One tapi under 4G. OEM di Indonesia, produksi di Indonesia," kata Rudiantara ketika ditemui KompasTekno di Jakarta, Kamis malam (5/2/2015).

Rudiantara mengaku pihak Google terbuka soal produksi ponsel Android One 4G di indonesia. Dia mengagendakan bertemu dengan Google dan ketiga vendor lokal bulan depan untuk mulai membicarakan kemungkinan ini.

Apabila nanti bisa berjalan, Rudiantara mengatakan bahwa produksi Android One di Indonesia akan sesuai dengan rencana pemerintah menyediakan akses internet berkecepatan tinggi untuk masyarakat, sekaligus meningkatkan kandungan komponen lokal dalam ponsel yang dibanderol dengan harga relatif terjangkau itu.

"Saya tanya harga kisaran Android One berapa, dia (Sengupta) bilang kisaran 100 dollar AS. Kalau ditambah koneksi 4G mungkin tambah 20-25 dollar AS," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Android One sendiri adalah buah dari program Google menyediakan ponsel Android andal dengan harga terjangkau untuk konsumen di negara-negara berkembang di Indonesia.

Raksasa internet tersebut menyediakan rancangan dasar (reference design) yang bisa dipakai oleh para rekanannya untuk membikin ponsel Android One di bawah merk masing-masing sehingga menghemat biaya pengembangan hardware.

Google juga menyediakan dukungan software berupa update perangkat terkini untuk perangkat-perangkat Android One selama dua tahun. Di Indonesia, perangkat Android One telah mulai diluncurkan Rabu (4/2/2015) kemarin dan dijual dengan kisaran harga Rp 1 juta hingga Rp 1,4 juta.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.