Kompas.com - 06/02/2015, 16:16 WIB
iOS 8, sistem operasi mobile Apple terbaru disertakan di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. OS ini juga tersedia untuk perangkat lain yang didukungnya, dan bisa diunduh mulai 17 September 2014. AppleiOS 8, sistem operasi mobile Apple terbaru disertakan di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. OS ini juga tersedia untuk perangkat lain yang didukungnya, dan bisa diunduh mulai 17 September 2014.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Pertumbuhan pengguna aktif Twitter dilaporkan menurun pada kuartal IV 2014. Turun 50 persen, kali ini Twitter hanya menggandeng empat juta pengguna aktif. Biasanya, Twitter merangkul 8 juta pengguna aktif pada setiap kuartalnya.

Empat juta pengguna aktif Twitter yang "diculik" iOS 8 tersebut merupakan penurunan pertumbuhan dari total 284 juta pengguna menurut laporan akhir 2014 lalu.

Tak dinyana, momok dibalik penurunan pertumbuhan ini disinyalir adalah integrasi Twitter dengan sistem operasi Apple termutakhir, iOS 8. Dilansir KompasTekno, Jumat (6/2/2015) dari Recode, terdapat dua "kecerobohan" iOS 8 yang akhirnya memangkas pertumbuhan pengguna Twitter.

Diduga, satu juta pengguna aktif yang hilang adalah mereka yang telah mengunduh iOS 8 dan tidak pernah membuka kembali aplikasi Twitter, atau lupa dengan password akunnya, atau tak dapat login kembali karena alasan teknis tertentu.

Sementara itu, tiga juta pengguna aktif hilang karena fitur Safari Reader tidak lagi memunculkan fitur Twitter secara otomatis seperti yang terjadi di iOS 7. Pengguna yang sebelumnya terbilang aktif karena fitur otomatis tersebut, tak lagi menjadi aktif ketika beranjak ke iOS 8.

Jadi, Twitter kehilangan pengguna aktifnya bukan karena ada error atau gangguan lainnya. Namun karena sistem operasi Apple terbaru yang diresmikan September lalu tersebut tak lagi "memanjakan" Twitter.

Namun, CEO Twitter Dick Costolo meyakinkan para investor agar tak buru-buru khawatir. Menurut dia, pada kuartal pertama 2015, Twitter akan kembali mendulang pertumbuhan sebesar yang terjadi di kuartal I-III 2014, yakni mencapai rata-rata 14 juta pengguna baru per kuartalnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Recode
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.