Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Juta Pengguna Twitter "Diculik" iOS 8

Kompas.com - 06/02/2015, 16:16 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Recode
KOMPAS.com - Pertumbuhan pengguna aktif Twitter dilaporkan menurun pada kuartal IV 2014. Turun 50 persen, kali ini Twitter hanya menggandeng empat juta pengguna aktif. Biasanya, Twitter merangkul 8 juta pengguna aktif pada setiap kuartalnya.

Empat juta pengguna aktif Twitter yang "diculik" iOS 8 tersebut merupakan penurunan pertumbuhan dari total 284 juta pengguna menurut laporan akhir 2014 lalu.

Tak dinyana, momok dibalik penurunan pertumbuhan ini disinyalir adalah integrasi Twitter dengan sistem operasi Apple termutakhir, iOS 8. Dilansir KompasTekno, Jumat (6/2/2015) dari Recode, terdapat dua "kecerobohan" iOS 8 yang akhirnya memangkas pertumbuhan pengguna Twitter.

Diduga, satu juta pengguna aktif yang hilang adalah mereka yang telah mengunduh iOS 8 dan tidak pernah membuka kembali aplikasi Twitter, atau lupa dengan password akunnya, atau tak dapat login kembali karena alasan teknis tertentu.

Sementara itu, tiga juta pengguna aktif hilang karena fitur Safari Reader tidak lagi memunculkan fitur Twitter secara otomatis seperti yang terjadi di iOS 7. Pengguna yang sebelumnya terbilang aktif karena fitur otomatis tersebut, tak lagi menjadi aktif ketika beranjak ke iOS 8.

Jadi, Twitter kehilangan pengguna aktifnya bukan karena ada error atau gangguan lainnya. Namun karena sistem operasi Apple terbaru yang diresmikan September lalu tersebut tak lagi "memanjakan" Twitter.

Namun, CEO Twitter Dick Costolo meyakinkan para investor agar tak buru-buru khawatir. Menurut dia, pada kuartal pertama 2015, Twitter akan kembali mendulang pertumbuhan sebesar yang terjadi di kuartal I-III 2014, yakni mencapai rata-rata 14 juta pengguna baru per kuartalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com