Kompas.com - 07/02/2015, 11:11 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple untuk pertama kalinya akan membuat aplikasi yang ditujukan untuk platform pesaingnya, Android. Kabar tersebut pertama kali ditulis oleh situs 9to5Mac pada Rabu (4/2/2015).

Dikutip oleh KompasTekno, menurut situs yang sering membocorkan isu-isu seputar Apple tersebut, perusahaan warisan Steve Jobs itu akan membuat aplikasi layanan streaming musik yang akan bersaing dengan aplikasi serupa, yaitu Spotify.

Aplikasi yang dikembangkan Apple itu dibuat berdasar layanan Beats Music yang diakuisisi Apple pada Mei 2014 lalu. Biaya berlangganan layanan musik itu disebut akan lebih murah dari biaya langganan Beats Music saat ini, antara 7,99 dollar AS hingga 9,99 dollar AS per bulan ( Rp 100.000 - 120.000).

Yang pasti, Apple sedang mendiskusikan biaya langganan ini dengan industri musik di AS agar bisa lebih murah dibanding biaya berlangganan layanan Spotify.

CEO Apple, Tim Cook sendiri pernah mengindikasikan bahwa tidak haram hukumnya jika Apple suatu hari kelak membuat aplikasi untuk Android jika memang memungkinkan.

Tak heran jika Apple mau membuat aplikasi untuk platform Android sebab platform yang dikembangkan oleh Google itu saat ini menguasai 85 persen pasar smartphone global.

Belum ada indikasi apakah Apple juga akan membawa layanan streaming musiknya itu untuk platform selain Android, seperti Windows Phone.

Beats Music diakusisi oleh Apple pada Mei 2014 lalu dengan mahar 3 miliar dollar AS. Biasanya, aplikasi atau layanan yang diakuisisi oleh Apple akan dihentikan layanannya untuk platform Android. Seperti yang dilakukan Apple kepada HopStop, aplikasi informasi layanan transportasi yang juga diakuisisi Apple sebelumnya.

Namun berbeda dengan Beats Music. Apple memutuskan untuk terus melanjutkan layanan Beats Music di platform Android dan Windows Phone saat itu, meski layanan itu kini berada di bawah brand Apple.

Belum ada keterangan resmi dari Apple kapan layanan streaming musiknya itu akan diluncurkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5mac


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.