Kompas.com - 07/02/2015, 15:16 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Google telah meluncurkan program ponsel murah di Indonesia melalui Android One pada  Rabu (4/2/2015). Tiga vendor lokal dipercaya Google untuk membuat dan memasarkan ponsel Android One di Indonesia, yaitu Nexian, Mito, dan Evercoss.

Android One merupakan program Google untuk menyediakan ponsel Android andal dengan harga terjangkau untuk konsumen di negara-negara berkembang. Khusus di Indonesia, Android One juga disebut Google bisa membantu angka penetrasi smartphone dan internet di Indonesia.

"Saya baru bertemu Menteri (Komunikasi dan Informatika) Rudiantara. Beliau terangkan misinya yang pragmatis dan mendukung industri teknologi lokal. Kami ingin membantu," kata Vice President Android & Chrome Caesar Sengupta kepada Kompas Tekno di kantor Google Indonesia, Rabu lalu.

Menurut Sengupta, Android One bisa mengatasi tiga permasalahan yang menghambat adopsi internet mobile di Tanah Air, yaitu harga perangkat, perangkat lunak, dan konektivitas data.

"Persoalan pertama adalah soal harga karena konsumen Indonesia mesti membayar harga penuh untuk perangkat, jarang ada model subsidi operator," kata Sengupta

Lalu ada juga problem perangkat lunak ponsel yang sering kali mengandung bug -terutama di smartphone Android- lantaran hardware dan software masing-masing produk bisa berbeda antara satu dan yang lain.

"Android One mengatasi permasalahan-permasalahan ini, karena baik desain hardware maupun software didukung langsung oleh Google. Pabrikan handset bisa menghemat biaya pengembangan. Produknya pun dijamin bagus," ujarnya berpromosi.

Permasalahan ketiga adalah konektivitas data yang tak selalu tersambung dengan kecepatan tinggi untuk menikmati konten di internet.  "Android One bisa mengunduh dan memutar video secara offline. Jadi, kalau Anda suka video Cita Citata, Anda bisa menontonnya berulang kali," ujar Sengupta bersemangat.

Pemutaran video YouTube secara offline tadi disebut Sengupta sebagai salah satu solusi yang dihadirkan Android One untuk mengatasi persoalan internet di Indonesia.

Hemat biaya pengembangan

Dukungan rancangan hardware dan software  dari Google disebut Sangupta bisa mengirit ongkos pengembangan di dua sektor tersebut bagi para rekanan Android One.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.