Kompas.com - 09/02/2015, 13:29 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Batu akik gambar motif kupu-kupu yang dilelang di eBay dengan harga mencapai Rp 56 juta

KOMPAS.com — Demam batu akik yang tengah melanda Indonesia juga menjangkau eBay. Di situs lelang ini, pencarian singkat dengan kata kunci "agate" (batu akik) asal Indonesia bakal membuahkan ratusan hasil.

Batu akik Indonesia paling mahal yang bisa ditemukan di eBay adalah sebuah batu akik gambar 110 karat dengan pola "kupu-kupu". Batu tersebut kini tengah dilelang dengan harga beli langsung (buy it now) 4.500 dollar AS atau lebih dari Rp 56 juta.

"Batu akik ini adalah yang satu-satunya dan tidak akan ditemui lagi," tulis si penjual dalam deskripsi barang yang dilelangnya. "Turut datang dengan sertifikat Gemologi dari GIA Alumni Association yang sangat dipercaya."

gregorius1110/ eBay Laman lelang batu akik kupu-kupu asal Indonesia di eBay

Laman lelang batu akik kupu-kupu asal Indonesia di eBay

Berukuran 39 x 34 x 12 cm, batu akik round double cabochon bermotif kupu-kupu tersebut tampak cukup besar dalam foto-foto lampiran penjual. Sang batu terlihat sudah terpasang di sebuah bingkai bandul dari bahan stainless steel.

Selain batu akik "kupu-kupu" ini, situs eBay turut menampilkan listing batu akik Indonesia dalam aneka rupa dan harga. Ada yang sudah dipoles, ada pula yang masih berbentuk bongkahan.

Di pasaran Indonesia sendiri, munculnya tren akik belakangan ini telah mendongkrak harga batuan jenis kuarsa yang terbentuk dari pergerakan magma di bawah kulit bumi tersebut.

Para pedagang batu akik di Pasar Rawa Bening, Jakarta Timur, misalnya, bisa meraih untung 400 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Sementara itu, harga jual batu dari pertambangan rakyat juga tercatat melonjak hingga 500 persen.

Baca juga:
- Banyak Orang Rela Antre Beli Batu Bata Supreme, Apa Istimewanya?
- Harga Sebongkah Bata “Supreme” di eBay Capai Rp 1 Juta
- Ini Dia Orang Indonesia yang Beli Batu Bata “Supreme” Seharga Rp 670 Ribu
- 10 Jualan Aneh di eBay, dari Batu Bata Supreme hingga Sisa Roti

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.