Begini Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Smartphone

Kompas.com - 09/02/2015, 20:45 WIB
Hope Casserly mengunggah foto baterai Galaxy Ace 2 miliknya yang meledak ke situs Facebook FacebookHope Casserly mengunggah foto baterai Galaxy Ace 2 miliknya yang meledak ke situs Facebook
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Secanggih apapun smartphone yang dimiliki, tentu tak akan berguna jika baterainya bermasalah.

Sayangnya, masalah baterai pada smartphone sangat sering terjadi seiring dengan waktu pemakaian. Kondisi tersebut tak dapat dihindari meski pengguna telah merawat baterainya dengan baik.

Berikut beberapa tips untuk mengidentifikasi kondisi baterai pada smartphone.

1. Lihat tampilan visual baterai.

Hal ini hanya dapat dilakukan pada baterai yang bisa dilepas dari smartphone. Setelah baterai dilepas, lihat apakah sekujur tubuh baterai membengkak dan terjadi korosi pada logam baterai.

Korosi dapat dilihat dari warna logam yang menjadi keputih-putihan atau kehijau-hijauan. Jika terlihat ciri-ciri tersebut, segera ganti baterai. Jangan memasukkan kembali baterai ke badan smartphone karena dapat merusak elemen-elemen lain pada smartphone.

Tips ini tidak berlaku untuk smartphone-smartphone keluaran terbaru yang tidak memungkinkan baterainya dilepas-pasang.

2. Lakukan gerakan berputar pada baterai.

Baterai lithium akan mengalami penurunan daya setiap kali baterai kosong namun terlambat diisi ulang. Cuaca ekstrim juga dapat mempercepat kerusakan baterai.

Untuk mengidentifikasi kerusakan tersebut, keluarkan baterai kemudian putar baterai pada bidang yang rata. Jika baterai dapat berputar dengan lancar, kondisi baterai tersebut dapat dikatakan buruk.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X