Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung NX1, Mirrorless Rasa DSLR

Kompas.com - 10/02/2015, 10:49 WIB
Ary Wibowo

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Beberapa bulan setelah diperkenalkan pada ajang Photokina 2014 di Jerman pada September 2014, kamera mirrorless terbaru Samsung, NX1, akhirnya resmi meluncur di Asia Pasifik pada Kamis (9/2/2015).

Acara peluncuran NX1 merupakan bagian dari Samsung Forum yang berlangsung di Bangkok, Thailand, pada 9 hingga 13 Februari mendatang. Samsung Forum merupakan ajang tahunan untuk media dan rekan bisnis Samsung yang mencakup wilayah Asia Tenggara dan juga Oseania.

NX1 merupakan kamera pertama dari seri Samsung NX yang dilengkapi dengan Bluetooth serta Wi­Fi standard IEEE 802.11ac (80Mbps). Dengan teknologi tersebut, NX1 pun tidak hanya mampu mentransfer foto, tetapi juga video.

NX1 memiliki sensor 28 MP BSI APS­C CMOS dengan prosesor DRime V yang 2,8 kali lebih cepat dari prosesor pendahulunya. Sensor itu juga mendukung output 14­bit yang dapat menyimpan lebih banyak data untuk menghasilkan gambar dalam gradasi yang lembut dan latitude yang lebih lebar.

Sedangkan, untuk penggemar video, NX1 bisa merekam video sekualitas 4K tanpa perlu perangkat tambahan. Layar super AMOLED touchscreen anti-pantul berukuran 3 inci juga dapat membuat pengguna tidak mendapatkan masalah ketika membidik objek foto-fotonya saat dibawa keluar ruangan.

"Semenjak diperkenalkan di Photokina, NX1 mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari berbagai media. Ini membuat kami semakin fokus dan terus berinovasi ke depannya," ungkap Product Marketing Samsung Indonesia, Gregory Augusta, dalam acara Media Workshop Samsung Forum 2015 di Bangkok.

Dok. Samsung Kamera mirrorless anyar Samsung, NX1.
Mirrorless rasa DSLR

Bicara soal desain, Samsung NX1 memadukan banyak ciri dari kamera pro karena ukurannya hanya "sedikit" lebih kecil dari kamera DSLR. Beberapa kesamaan tersebut diantaranya terdapat layar top LCD, yang berisi setting kamera sehingga pengguna bisa cepat melihat setting kamera tanpa menampilkan setting di layar LCD.

Selain itu, kali ini beberapa tombol serta tuas juga terlihat jelas melimpah di bagian atas kamera sehingga fisik NX1 semakin mirip dengan DSLR. Sebut saja terdapatnya tombol AF, ISO,WB, metering, kompensasi eksposur, AEL, AF-ON, AF Area, Wifi, hingga mode dial, dan drive mode dial di beberapa bagian kamera.

Konstruksi NX1 terbuat dari magnesium alloy yang merupakan standar bagi kamera pro DSLR. Kemudian, salah satu kelebihan konstruksi kamera tersebut adalah layar LCD yang bisa dilipat ke atas atau ke bawah sehingga dapat memudahkan pengguna menentukan komposisi objek foto pilihannya.

"Target NX1 adalah semi pro dan terus terang untuk kamera semi pro tersebut bakal dibutuhkan feature-feature yang terdapat di kamera pro seperti DSLR," jelas Dani Setiawanto, Head of Regional Digital Imaging Business Southeast Asia & Taiwan.

Spesifikasi Samsung NX1

Model Mirrorless
Tipe Samsung NX1
Ukuran 138.5 x 102.3 x 50.4mm
Berat 550 gram
Megapiksel 28 MP BSI APS­C CMOS
Ukuran layar 3.0" FVGA(C) AMOLED Tilt, Touch
Resolusi layar 2.36 juta titik OLED
Resolusi Video UHD & DC1 4K Video with Internal Recording
Koneksi nirkabel Bluetooth, WiFi 802.11ac, NFC, USB 2.0, Micro HDMI, Remote View Finder Pro
ISO 100 – 25600 (bisa diekspansi ke 51200 )
Sutter Speed 1/8000 sec
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com