Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Dilarang Pakai Smartwatch "Keren"

Kompas.com - 10/02/2015, 12:10 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa bulan dari sekarang, Apple akan merilis smartwatch besutannya, Apple Watch. Arloji yang mampu terkoneksi dengan internet dan smartphone semacam Apple Watch tersebut dianggap sebagai ancaman baru bagi sebuah universitas di London, Inggris.

"Ini akan menjadi masalah baru di ruang ujian," kata perwakilan City University, London, sebagaimana dilaporkan PhoneArena dan dikutip KompasTekno, Senin (9/2/2015).

Pasalnya, pengawas ujian akan sulit membedakan Apple Watch dan arloji digital biasa. Bagaimana tidak, desain arloji pintar besutan Apple memang terhitung trendi dan keren. Ini sesuai dengan visi Apple untuk menciptakan arloji berteknologi tinggi namun juga terlihat cocok sebagai pendukung penampilan.

Visi Apple tersebut dianggap dapat memudahkan mahasiswa menyontek atau berkonsentrasi terhadap hal lain di luar ujian.

Untuk mengantisipasi hal ini, pihak City University melarang mahasiswanya membawa dan menggunakan Apple Watch dan semua jenis smartwatch saat ujian.

Tingkat larangan smartwatch sama besarnya dengan larangan membawa smartphone di ruang ujian. Jadi, sebelum masuk ruangan, mahasiswa akan diminta mencopot smartwatch dan smartphone-nya terlebih dahulu.

"Kami juga akan menambah jam dinding besar di tiap ruangan," kata pihak City University. Maksudnya, jika mahasiswa ingin melihat jam, tak perlu melihat dari arloji. Mahasiswa juga dipersilahkan menanyakan jam kepada pengawas saat mengerjakan ujian.

"Bagi yang berkebutuhan khusus, kami akan sediakan jam kecil di meja mahasiswa," pihak City University menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com