Kompas.com - 10/02/2015, 19:30 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Microsoft benar-benar ngebut untuk menyelesaikan Windows 10 terbarunya. Desas-desus yang beredar mengungkapkan bahwa raksasa piranti lunak tersebut berencana merilis Windows 10 pada Juni 2015.

Jika rilis tersebut terwujud, sistem operasi Windows 10 yang dirilis nantinya adalah versi ready to manufacturing (RTM). Ini bukan versi yang siap untuk langsung digunakan oleh konsumen, melainkan ditujukan untuk para original equipment manufacture (OEM) atau produsen hardware.

Windows 10 RTM memang merupakan versi yang masih perlu penyesuaian lagi. Tujuan perilisannya kepada para produsen hardware supaya mereka bisa mengoptimalkan sistem operasi tersebut sesuai dengan hardware yang akan digunakan. Terutama untuk mengatasi bug yang ada.

Setelah dirilis versi RTM, akan ada jeda waktu beberapa bulan sebelum Windows 10 bisa benar-benar dinikmati pengguna. Bila dirilis pada Juni, seperti dikutip KompasTekno dari Neowin, Selasa (10/2/2015) sistem operasi tersebut akan siap digunakan konsumen tepat pada masa selesainya liburan sekolah di AS, sekitar bulan Agustus.

Dengan pertimbangan itu, Microsoft tidak akan kehilangan kesempatan untuk memasarkan sistem operasi terbarunya kepada pelajar-pelajar yang bersiap kembali ke sekolah.

Prediksi tersebut berdasarkan siklus yang diterapkan Microsoft pada Windows 8. Saat itu, Windows 8 muncul dalam bentuk RTM pada Februari 2012, kemudian versi pratinjau Windows 8 untuk konsumen muncul pada Agustus 2012.

Demikian berarti siklus tersebut berjarak sekitar enam bulan. Hal serupa bisa terjadi pada Windows 10. Namun, sebagaimana sebuah jadwal, prediksi tersebut bisa juga molor lebih lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Neowin

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.