Kompas.com - 11/02/2015, 09:19 WIB
Ilustrasi Windows 10 MicrosoftIlustrasi Windows 10
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Microsoft telah mendaftarkan paten merek dagang "Windows 365" pada akhir Januari lalu. Nama tersebut mirip dengan Office 365, layanan aplikasi Office berlangganan milik Microsoft.

Disinyalir, Microsoft bakal menerapkan model langganan yang sama untuk sistem operasi terbarunya nanti, Windows 10.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Rabu (11/2/2015), alih-alih meminta bayaran yang besar satu kali di muka, Microsoft bisa saja menawarkan Windows 10 ke pengguna baru dengan langganan per tahun.

Microsoft sendiri telah mengumumkan bahwa WIndows 10 akan menjadi upgrade gratis bagi pengguna Windows 7, WIndows 8.1, dan Windows Phone. Namun, upgrade gratis tersebut menurut Microsoft hanya berlaku selama satu tahun saja.

Artinya, pengguna bisa jadi diharuskan untuk mendaftar atau berlangganan setelah tahun pertama itu. Atau jika pengguna meng-upgrade di luar tahun pertama tersebut, mereka harus membayar sejumlah uang.

OS Chief di Microsoft, Terry Myerson dalam sebuah event yang diselenggarakan Microsoft juga pernah berkata, "Dengan Windows 10, kami membuat Windows lebih seperti sebuah layanan."

Apakah yang dimaksud oleh Myerson itu Microsoft akan menerapkan sistem berlangganan? Hanya waktu yang bisa menjawab. Yang pasti, Microsoft tidak akan menjual lisensi Windows 10 dengan cara tradisional seperti sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemungkinan lain, merek dagang yang patennya didaftarkan Microsoft tersebut adalah sebagai upaya defensif perusahaan agar tidak digunakan oleh pihak lain.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.