Kompas.com - 11/02/2015, 18:46 WIB
Ilustrasi Anonymous YouTubeIlustrasi Anonymous
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi Anonymous

KOMPAS.com - Perlawanan terhadap Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah melebar ke jagat maya, di mana "senjata cyber" alias aneka akun media sosial yang dijadikan sarana perekrutan oleh organisasi tersebut telah ditumbangkan oleh kelompok hacker Anonymous.

Laporan New York Post yang dirangkum oleh Kompas Tekno, Rabu (11/2/2015) menyebutkan bahwa Anonymous telah "menghancurkan atau mengekspos" 800 akun Twitter, 12 laman Facebook, serta 50 alamat e-mail yang diduga digunakan oleh ISIS.

"ISIS, kami akan memburumu, menumbangkan situs internetmu, aneka akun, e-mailmu, dan mengeksposmu... Kamu akan diperlakukan seperti virus, dan kami adalah obatnya. Kami adalah pemilik internet," tulis Anonymous dalam sebuah pernyataan yang dirilis awal minggu ini.

"Ingat - teroris yang menamakan diri Negara Islam (ISIS) bukanlah Muslim," tambah Anonymous sambil menekankan bahwa anggota kelompoknya datang dari beragam latar belakang dan kepercayaan.

Anonymous mengunggah sebuah tautan Pastebin yang memuat semua akun Twitter terkait ISIS yang telah ditumbangkan. ISIS diketahui sangat mengandalkan Twitter sebagai sarana perekrutan dan medium propaganda.

Sedangkan Anonymous sendiri, selama ini kelompok hacktivist tersebut dikenal sering kali menyerang organisasi, perusahaan, atau institusi pemerintah yang dianggap berseberangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.