Menjajal Mirrorless Samsung NX1 di Bangkok

Kompas.com - 12/02/2015, 11:07 WIB
Samsung NX1 Dok. SamsungSamsung NX1
Penulis Ary Wibowo
|
EditorWicak Hidayat
BANGKOK, KOMPAS.com - Kamera mirrorless NX1 menjadi salah satu tema hangat di sela-sela rangkaian acara Samsung Forum 2014 di Bangkok, Thailand, yang berlangsung sejak 9 hingga 13 Februari 2015. NX1 pun diklaim memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik.

Kompas.com berkesempatan menjajal kamera tersebut dalam acara bertajuk NX1 Day Experience yang merupakan bagian dari rangkaian Samsung Forum. Ketika mencobanya untuk memotret pada siang hari di Sampran Riverside, Nakhon Pathom, Thailand, Kompas.com menemukan bahwa NX1 ternyata cukup bisa diandalkan.

NX1 memiliki sensor 28 MP BSI APS­C CMOS dengan prosesor DRime V yang 2,8 kali lebih cepat dari prosesor pendahulunya. Pada kamera tersebut terdapat sensor gambar BSI (Back side Illumination) yang membuat kualitas gambar masih cukup baik jika diambil di dalam ruangan, meski dalam kondisi low-light.

Dalam kondisi tersebut kualitas gambar memang menurun, tetapi ini tentunya adalah hal yang wajar terjadi pada kamera manapun. Yang lebih penting adalah seberapa jauh penurunan itu terjadi.

Selain itu, NX1 juga menghadirkan kecepatan AF (55ms) + 1/8000 shutter speed serta dirancang mampu menangkap momen dalam kecepatan 15 fps Continous Shooting with AF. Teknologi tersebut dirancang agar pengguna tidak ketinggalan mengabadikan satu momen berharga sekalipun.

Berikut ini adalah beberapa contoh hasil jepretan NX1 pada siang hari:

Kompas.com / Ary Wibowo
Hasil jepretan foto Samsung NX1 di luar ruangan saat siang hari.
Kompas.com / Ary Wibowo
Hasil jepretan foto samsung NX1 di luar ruangan saat siang hari.
Kompas.com / Ary Wibowo
Hasil jepretan foto samsung NX1 di dalam ruangan (low-light) saat siang hari.
Kompas.com / Ary Wibowo
Hasil jepretan foto samsung NX1 di dalam ruangan saat siang hari.
Kompas.com / Ary Wibowo
Hasil jepretan foto samsung NX1 di luar ruangan saat siang hari.
Kompas.com / Ary Wibowo
Hasil jepretan foto samsung NX1 di luar ruangan saat siang hari.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X