Kompas.com - 13/02/2015, 18:34 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sistem operasi Android terbaru, 5.0 Lollipop menurut sebuah riset ternyata diklaim lebih stabil dibanding sistem operasi mobile racikan Apple, iOS.

Aplikasi yang berjalan di Android 5.0 Lollipop menurut riset tersebut terbukti jarang mengalami crash atau force stop dibandingkan dengan sistem operasi iOS 8.

Dalam riset yang dilakukan oleh perusahaan manajemen performa aplikasi Crittercism tersebut mengatakan bahwa aplikasi yang berjalan di Lollipop memiliki kemungkinan untuk crash sebesardua persen.

Sementara aplikasi yang berjalan di iOS 8 memiliki kemungkinan 2,2 persen untuk crash, atau lebih tinggi 0,2 persen.

Hasil riset tersebut juga mengatakan bahwa sistem operasi mobile iOS 8 memiliki risiko aplikasi crash yang lebih tinggi dibanding sistem operasi sebelumnya, iOS 7 yang tingkat kemungkinannya hanya 1,9 persen.

Sementara untuk platform Android sendiri, Lollipop ternyata memiliki tingkat kemungkinan crash yang lebih sedikit dibanding versi Android sebelumnya, seperti KitKat dan Ice Cream Sandwich.

Kedua versi sistem operasi tersebut sama-sama memiliki kemungkinan aplikasi crash sebesar 2,6 persen. Tidak ada data tentang tingkat kemungkinan crash untuk versi Android Jelly Bean.

Menurut Android Authority, Kamis (12/2/2015), dan dikutip KompasTekno, data tersebut memiliki kesamaan dengan data yang dilansir pada tahun 2012 lalu. Saat itu sistem operasi Android 1.6 hingga 4.0.1 disebut lebih stabil dibanding iOS versi 3.1.3 hingga 5.1.

Namun perlu diingatkan bahwa kemungkinan terjadinya crash bisa bergantung kepada beragam faktor, seperti sistem operasi yang bermasalah, atau handset yang tidak mendukung, dan lain-lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.