Kompas.com - 14/02/2015, 16:24 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Samsung telah mengatakan bahwa pihaknya akan menghilangkan bloatware (aplikasi bawaan) dalam antarmuka TouchWiz yang akan dipakai di perangkat smartphone barunya, Galaxy S6.

Namun, rumor terbaru menyebut bahwa aplikasi bloatware yang akan dihapus itu bakal digantikan oleh aplikasi-aplikasi milik Microsoft. Aplikasi tersebut akan terpasang secara pre-installed (langsung dari pabriknya).

Dikutip KompasTekno dari situs SamMobile, Sabtu (14/2/2015), beberapa aplikasi bawaan Samsung yang akan dihapus di antaranya adalah S Voice, S Health, dan S Note. Semua aplikasi tersebut nantinya bisa diunduh secara terpisah melalui toko aplikasi Samsung, Galaxy Apps Store.

Sementara aplikasi buatan Microsoft yang akan disertakan dalam Galaxy S6 antara lain seperti Microsoft OneNote, OneDrive, Office Mobile (lengkap dengan layanan berlangganan Office 365), serta Skype.

Menurut Trusted Reviews, keputusan untuk menyertakan aplikasi Microsoft dalam perangkat unggulan Samsung itu bisa jadi merupakan salah satu butir kesepakatan antara Samsung dan Microsoft, setelah keduanya memutuskan untuk berdamai di sidang pengadilan soal hak paten awal minggu ini.

Kesepakatan seperti itu tentunya menguntungkan kedua belah pihak, sebab Samsung saat ini sedang berusaha untuk melepaskan diri dari ketergantungan terhadap Google.

Sementara Microsoft di sisi lain juga sedang berusaha memperbanyak pengguna aplikasi-aplikasi mobile-nya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SamMobile



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.