Diuji, Prosesor yang Ditolak Samsung Ternyata "Dingin"

Kompas.com - 16/02/2015, 10:44 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Sebuah pengujian yang dilakukan terhadap chipset baru Qualcomm Snapdragon 810 menunjukkan bahwa prosesor tersebut ternyata lebih dingin dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 801.

Pengujian yang dilakukan oleh STJS Gadgets Portal tersebut dilansir oleh GSM Arena, Sabtu (14/2/2105), dilakukan dengan menjalankan aplikasi yang sama dan membandingkan temperatur permukaan perangkat.

Kedua perangkat dengan chipset Snapdragon 810 dan 801 diuji dengan menjalankan game balap Asphalt 8 dan perekaman video resolusi 4K untuk menguji performa chipset.

Dalam pengujian pertama, perangkat yang mengusung chipset Snapdragon 810 memiliki temperatur permukaan 40 derajat celsius, sementara Snapdragon 801 diukur mencapai 45 derajat celsius.

Dalam pengujian kedua, perangkat Snapdragon 810 juga lebih dingin, dengan suhu 35 derajat celsius dibanding Snapdragon 801 yang suhu permukaannya mencapai 43 derajat celsius.

Namun, perlu diingat bahwa pengujian ini dilakukan dalam ruangan khusus yang dijaga suhunya stabil 25 derajat celsius. Variasi desain perangkat dan temperatur bisa berbeda-beda dan turut berkontribusi terhadap hasil pengujian.

Sebelumnya, chipset Snapdragon 810 dikabarkan mengalami kendala overheat (kepanasan). Karena itulah, vendor smartphone Samsung menanggalkannya dalam perangkat unggulan terbarunya, Galaxy S6.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.